Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pulang Ibadah Umrah, Delapan Warga Thailand Positif Terinfeksi Covid Omicron

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 20 Desember 2021, 08:28 WIB
Pulang Ibadah Umrah, Delapan Warga Thailand Positif Terinfeksi Covid Omicron
Ilustrasi/Net
rmol news logo Delapan warga Thailand dari dua kelompok wisata berbeda, dinyatakan positif terinfeksi varian virus corona Omicron sekembalinya dari melaksanakan ibadah umrah di Mekah, Arab Saudi.

Penasihat Chularatchamontri - pemimpin spiritual Muslim negara itu -,
Preeda Chueaphudee, mengatakan sekitar 30 warga Thailand yang kembali dari ziarah, tiba di bandara Suvarnabhumi pada 15 Desember.
Preeda mengatakan bahwa mereka saat ini dikarantina di sebuah hotel yang sekaligus berfungsisebagai rumah sakit di Soi Ramkhamhaeng 5 di Bangkok.

"Dokter melakukan tes, katanya, menambahkan bahwa hasil menunjukkan tujuh terinfeksi varian Omicron, seperti dikutip dari Bangkok Post, Senin (20/12).

"Setelah meninggalkan Arab Saudi, mereka yang kembali terbang ke Qatar di mana mereka transit sebelum tiba di bandara Suvarnabhumi," katanya.

Preeda mengatakan bahwa beberapa sudah mengalami gejala seperti demam saat berada di Arab Saudi.

"Mereka yang kembali berasal dari berbagai provinsi, seperti Nonthaburi dan Ayutthaya," katanya.

Sementara Kusak Kukiatkul, dokter kantor kesehatan masyarakat Phuket, mengatakan kelompok lain yang terdiri dari 137 orang Thailand yang kembali dari ziarah ke Mekah tiba di Phuket dan menjalani tes untuk Covid-19 pada 13 Desember.

Lima orang dinyatakan positif Covid-19 dan dikarantina selama lima hari di Phuket.

"Setelah karantina, kelimanya, yang dikategorikan sebagai pasien hijau dengan gejala ringan atau tanpa gejala, diizinkan untuk mencari perawatan lebih lanjut di rumah sakit di provinsi selatan lainnya di bawah pengawasan ketat oleh otoritas kesehatan," kata Kusak.

Pusat ilmu kedokteran Phuket kemudian melaporkan pada 17 Desember bahwa salah satu dari lima orang yang kembali dinyatakan positif mengidap Omicron.

"Pasien sekarang dikarantina dan dirawat di Rumah Sakit Khok Pho di Pattani," kata Kusak.

Kementerian Kesehatan Masyarakat mengumumkan pada Minggu (19/12) bahwa Thailand telah mencatat 2.899 kasus baru Covid-19 dan 22 kematian selama 24 jam.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA