Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan Florence Parly: Prancis Tak Tertarik Kembali Terlibat Perang Dingin dengan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 20 Desember 2021, 08:38 WIB
Menhan Florence Parly: Prancis Tak Tertarik Kembali Terlibat Perang Dingin dengan Rusia
Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly/Net
rmol news logo Ketegangan antara negara-negara Barat dan Rusia saat ini seakan mengingatkan kembali skenario Perang Dingin dengan Uni Soviet.

Kendati begitu, Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly menegaskan pihaknya tidak ingin Perang Dingin dengan Rusia terulang kembali.

"Kami tidak ingin kembali ke Perang Dingin," tegas Parly ketika ditanya oleh majalah Le Journal du Dimanche pada Sabtu (18/12).

Untuk mencegah Perang Dingin, Parly menambahkan kedua belah pihak harus tetap tenang.

Tetepi di sisi lain, ia menekankan, negara-negara Barat tidak segan untuk mengisolasi Rusia jika ketegangan di perbatasan Ukraina meningkat. Dalam hal ini, isolasi yang dimaksud Parly merupakan sanksi yang diperketat.

Parly juga mencatat bahwa Paris mendukung mempertahankan dialog dengan Moskow, yang diprakarsai oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron pada 2019.

"Selain itu, sebagai bagian dari pertemuan antara menteri luar negeri dan pertahanan Rusia dan Prancis bulan lalu di Paris, kami menggunakan ungkapan 'konsekuensi skala besar dan strategis.' Kami memiliki dialog yang terbuka dan tulus dengan Rusia, karena kami harus dapat menyampaikan hal-hal secara langsung satu sama lain," jelasnya.

Baik Ukraina dan beberapa negara Barat baru-baru ini berbicara tentang dugaan penempatan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina dan menuduh Moskow melakukan tindakan agresif.

Rusia membantah semua tuduhan dan menyatakan bahwa mereka tidak memiliki niat untuk menyerang negara mana pun. Tuduhan tersebut dipandang oleh Moskow sebagai dalih untuk mengirim lebih banyak peralatan militer NATO ke perbatasan Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA