On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Viral, Ibu Hamil Ini Punya Janin di Hati Bukan Rahim

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 20 Desember 2021, 13:01 WIB
Viral, Ibu Hamil Ini Punya Janin di Hati Bukan Rahim
Video viral di TikTok tentang seorang ibu hamil dengan janin di luar rahim/Net
Seorang ibu hamil di Kanada tiba-tiba menjadi viral di TikTok setelah dokter menemukan janinnya justru tumbuh di dalam hati, bukan rahim.

Video TikTok itu dibagikan oleh seorang dokter anak di Children's Hospital Research Institute of Manitoba, Dr Michael Narvey, yang kemudian menjadi viral.

"Saya pikir saya telah melihat semuanya (sampai) seorang perempuan berusia 33 tahun datang dengan riwayat pendaharan menstruasi selama 14 hari, 49 hari sejak periode menstruasi terakhirnya," ujar Narvey, seperti dikutip The Independent.

Dijelaskan oleh Narvey, yang dialami perempuan tersebut adalah kehamilan ektopik, ketika janin berada di luar rahim. Kehamilan ektopik adalah ketika sel telur yang dibuahi menanamkan dirinya di luar rahim, biasanya di salah satu saluran tuba. Tuba fallopi adalah saluran yang menghubungkan ovarium ke rahim.

"Apa yang mereka temukan di hati adalah bayi. Dia mengalami kehamilan ektopik di hatinya. Kami kadang-kadang melihat ini di perut tetapi tidak pernah di hati. Ini yang pertama bagi saya," lanjutnya.  

Dengan keadaan ini, ia mengatakan, sulit untuk menyelamatkan janin. Sehingga janin perlu dihilangkan dengan obat atau operasi.

Sejauh ini, video tersebut telah mengumpulkan lebih dari 5,6 juta tampilan dan dibanjiri komentar.

"Bagaimana sel telur yang telah dibuahi bisa sampai ke hati?" tanya seorang penguna.

"Bagaimana ini bisa terjadi? Bagaimana bisa sampai di sana?" tanya lainnya.

Dengan viralnya video tersebut, seorang dokter mengungkap kasus serupa. Kasus tersebut melibatkan seorang perempuan 27 tahun dengan janin sehat berusia 23 pekan di lobus kanan hati.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA