Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Bisa Ambil Peran Sentral Kembalikan Citra Positif Islam di Masyarakat Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 21 Desember 2021, 22:08 WIB
Indonesia Bisa Ambil Peran Sentral Kembalikan Citra Positif Islam di Masyarakat Internasional
Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol DR. Muhammad Najib dalam dialog virtual dengan RMOL/RMOL
rmol news logo Dunia Islam saat ini menghadapi beragam persoalan yang kompleks yang membuat citra buruk agaknya sulit untuk bisa dikesampingkan.

Salah satu bentuknya bisa dilihat dari konflik dan dinamika politik serta keamanan yang berkembang di kawasan Timur Tengah, sebuah kawasan di mana banyak negara memiliki mayoritas populasi umat Islam.

"Dunia Islam saat ini kalau kita melihat petanya, di Timur Tengah, misalnya, sangat menyedihkan dan memilukan. Atau saya menyebutnya, memalukan," kata Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol DR. Muhammad Najib dalam dialog virtual bertema "Dari Spanyol Menata Diaspora Muslim Indonesia" yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Politik RMOL pada Selasa siang (21/12).

Pasalnya, ujar Najib, jika menengok lembaran sejarah tragedi kemanusiaan di dunia Islam, terutama yang dipicu oleh konflik internal di dalam negara maupun konflik ekternal, atau antar negara, belum pernah ada situasi yang separah seperti yang terjadi saat ini.

"Jutaan pengungsi, baik di dalam maupun yang melarikan diri ke luar negeri, tidak pernah sebesar ini dalam sejarah umat Islam, sejak zaman Khalifah Khulafaur Rasyidin hinga Perang Dunia Kedua," jelasnya.

Oleh karena itu, melihat situasi tersebut, bukan saatnya Indonesia menutup mata apalagi berdiam diri.

"Saat ini peran Indonesia bukan hanya diharapkan dapat menyelamatkan dunia Islam, tapi dunia Barat juga sangat ingin berdialog dengan tokoh-tokoh Indonesia yang dinilai sangat toleran dan moderat serta rahmatan lil alamin," urai Najib.

Oleh karena itu, dia mengaku sangat membuka diri untuk berkolaborasi demi menjalankan peran tersebut, termasuk dengan cara menggandeng dua organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

"Tujuannya adalah untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara serta membangun citra yang positif akan Indonesia di pentas global," kata Najib.

"Lebih dari itu, mudah-mudahan bisa menyelamatkan atau paling tidak menolong saudara-saudara kita di Timur Tengah yang saat ini sudah memproduksi jutaan pengungsi yang bahkan sudah meluber hingga ke Eropa dan menjadi beban masyarakat internasional," tekannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA