Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Janji Manis Erdogan Sukses Bawa Lira Meroket Tinggalkan Rekor Terendah

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 22 Desember 2021, 16:34 WIB
Janji Manis Erdogan Sukses Bawa Lira Meroket Tinggalkan Rekor Terendah
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan/Net
Upaya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membangkitkan Lira mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Pada Selasa (21/12) waktu setempat, Lira meroket, naik dari rekor terendahnya, setelah Erdogan mengumumkan sejumlah langkah untuk melindungi simpanan mata uang Lira terhadap volatilitas pasar yang anjlok parah.

Pada Senin malam (20/12), Erdogan mengatakan, pemerintah berjanji akan menutupi kerugian para pemegang deposito jika nilai Lira terhadap mata uang asing anjlok melebihi suku bunga bank.

Untuk itu, ia meminta agar pemegang deposito tidak berbondong-bondong menukar Lira.

“Mulai sekarang, warga tidak perlu mengalihkan simpanan dari Lira Turki ke mata uang asing, karena khawatir nilai tukar akan lebih tinggi,” ujarnya, seperti dikutip Al Jazeera.

Sebelum pengumuman dari Erdogan, Lira telah kehilangan sekitar 60 persen nilainya terhadap dolar AS. Mencapai level terendah sepanjang masa, yaitu 18,36 Lira per 1 dolar AS pada Senin (20/12).

Namun setelah pengumuman Erdogan, Lira menguat menjadi 11,09 per dolar AS.

Kepala Asosiasi Bank Turki, Alpaslan Cakar, mengatakan satu miliar dolar AS telah dikonversi menjadi Lira setelah pengumuman Erdogan.

Bank sentral Turki juga telah memangkas suku bunga acuannya sebesar 5 poin persentase menjadi 14 persen sejak September.

Menjelang Pilpres Turki 2023, Erdogan memiliki tugas berat untuk terus mendorong suku bunga rendah.

Krisis keuangan di Turki juga membuat Erdogan memecat tiga kepala bank sentral dalam dua tahun terakhir, dan membersihkan pejabat moneter lainnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA