Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Axios: Retno Marsudi dan Menlu Blinken Bahas Normalisasi Indonesia-Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 23 Desember 2021, 21:15 WIB
Axios: Retno Marsudi dan Menlu Blinken Bahas Normalisasi Indonesia-Israel
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Selasa, 14 Desember 2021/Ist
rmol news logo Indonesia dan Israel kembali dirumorkan akan menjalin hubungan diplomatik. Hal itu juga disebut menjadi pembahasan selama kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken ke Indonesia pekan lalu, 14 Desember 2021.

Dari laporan Axios pada Kamis (23/12), dalam pertemuan bilateral di Kementerian Luar Negeri, Blinken dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membahas kemungkinan normalisasi hubungan antara Indonesia dan Israel.

"Kami selalu membahas peluang untuk normalisasi, tapi kami biarkan diskusi di belakang pintu hingga momen yang tepat," ujar jurubicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price.

Lewat laporannya, Axios juga menyebut Indonesia merupakan salah satu pasar besar bagi perusahaan-perusahaan Israel.

Menjadi negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia telah berulang kali disasar dalam ambisi Israel dan AS untuk melakukan normalisasi hubungan.

Dikatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang ditargetkan oleh pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump untuk masuk dalam daftar Abraham Accord, yang berisi negara-negara yang melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Tetapi negosiasi dinilai belum matang selama pemerintahan Trump. Bahkan Axios mengurai, Indonesia menuntut untuk meningkatkan kesepakatan dagang dengan AS sebagai imbalan normalisasi, termasuk juga membuka penerbangan langsung dan mengeluarkan visa bagi Israel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA