Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pulihkan Kepulauan Solomon, China Siap Kirim Alat Anti Huru-hara dan Penasihat Polisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 24 Desember 2021, 06:09 WIB
Pulihkan Kepulauan Solomon, China Siap Kirim Alat Anti Huru-hara dan Penasihat Polisi
Kendaraan Palang Merah melewati kawasan Pecinan Honiara, Kepulauan Solomon, pada 26 November 2021/Net
rmol news logo China akan menawarkan peralatan anti huru hara dan mengirim kelompok penasihat polisi ke Kepulauan Solomon, menyusul peristiwa kerusuhan yang terjadi November lalu.

Dikatakan Kementerian Luar Negeri China pada Kamis (23/12), bahwa pengiriman fasilitas tersebut merupakan permintaan langsung dari Pemerintah Kepulauan Solomon.

Juru bicara Zhao Lijian mengatakan bahwa pasokan dan personel akan segera tiba dan memainkan peran konstruktif dalam meningkatkan kemampuan polisi setempat.

"China berdiri teguh mendukung pemerintah Kepulauan Solomon untuk mempertahankan stabilitas domestik, dalam menjaga hubungan China-Solomon dan dalam melindungi hak dan kepentingan sah rakyat China di sana. China mengutuk keras segala tindakan ilegal atau kekerasan," kata Zhao," seperti dikutip dari Global Times.

Gejolak di Kepulauan Solomon dimulai pada 24 November dan terjadi di pusat ibu kota Honiara yang berdampak ke wilayah Chinatown dan komunitas Tionghoa di kota.

Para pedagang dan toko China menderita kerugian ekonomi yang parah, bahkan ratusan warga negara China menjadi tunawisma akibat kerusuhan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA