Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungan Dubes Najib ke Malaga: Menjadi Kewajiban Kami untuk Meningkatkan Pelayanan dan Perlindungan WNI di Spanyol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 29 Desember 2021, 08:15 WIB
Kunjungan Dubes Najib ke Malaga: Menjadi Kewajiban Kami untuk Meningkatkan Pelayanan dan Perlindungan WNI di Spanyol
Dubes Ri untuk Spanyol, Muhammad Najib, saat melakukan kunjungan ke Malaga, Andalusia, untuk bertemu dengan para WNI/Ist
rmol news logo Spanyol menjadi salah satu daya tarik bagi  Warga Negara Indonesia. Ada sekitar 1.600 WNI yang tinggal di negara kerajaan tersebut. Mereka terdiri dari pelajar dan mahasiswa, juga pekerja.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Duta Besar Indonesia di Madrid Dr. Muhammad Najib menyebutkan bahwa dari jumlah itu, sekitar 1.200 WNI bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di kapal penangkap ikan berbendera Spanyol. Lainnya, bekerja di sektor swasta migas, perusahaan teknologi, pengusaha restoran, pengasuh anak dan penjaga orang tua, serta lainnya.

“Sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, saya berkewajiban untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan WNI, termasuk melakukan pembinaan aktif terhadap Bapak dan Ibu yang merupakan diaspora Indonesia di Spanyol,” ujar Dubes saat melakukan kunjungan ke Malaga, Andalusia, untuk bertemu dengan para WNI sehari sebelum perayaan natal, Jumat (24/12), seperti keterangan yang diterima oleh Kantor Berita Politik RMOL.

Salah satu WNI, Abdul Rohim, yang sudah 37 tahun tinggal di Malaga dan pernah bekerja sebagai pegawai setempat pada Konsulat Jenderal Arab Saudi di Malaga, sangat senang dengan kunjungan Dubes ke wilayah tempat tinggalnya. Ia mengatakan bahwa banyak WNI yang mendapat pekerjaan yang baik di negara itu.

“Kami berterima kasih kepada Dubes Muhammad Najib yang menyempatkan diri untuk mengunjungi kita yang tinggal di kota Malaga, Spanyol. Jumlah kami tidak terlalu banyak, tapi kita memiliki pekerjaan yang baik sehingga membantu memberikan penghidupan yang baik dan layak bagi keluarga," katanya.

Dalam kunjungan itu, KBRI Madrid memberikan pelayanan aktualisasi data paspor, pencatatan bukti sertifikat anak berkewarganegaraan ganda, Lapor Diri dan Nomor Induk Tunggal (Nomor Induk Kependudukan).

Pertemuan itu juga bermanfaat bagi WNI yang berdomisili jauh dari Madrid dan biasa dilakukan di berbagai kota yang menjadi kantung masyarakat Indonesia di Spanyol.

Dubes kemudian mengimbau kepada WNI untuk bissa menjaga nama baik negara dan memberikan sumbangsih melalui kegiatan yang bermanfaat, untuk peningkatan diri dan dapat meningkatkan kehadiran Indonesia di Spanyol.

"Kita tunjukkan bahwa pekerjaan kita adalah pekerjaan yang halal, layak dan penuh manfaat. Saya juga berharap komunikasi antara Bapak dan Ibu dengan kami yang berada di Madrid bisa lebih sering dan lancar. KBRI dan Wisma Duta adalah rumah yang terbuka untuk seluruh WNI di Spanyol,” ujar Dubes. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA