Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Dukung Pernyataan Rusia Soal Barat Ingin Dominasi Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 29 Desember 2021, 17:35 WIB
China Dukung Pernyataan Rusia Soal Barat Ingin Dominasi Dunia
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov/Net
rmol news logo Pidato Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang mengatakan bahwa negara-negara Barat ingin mendominasi posisi mereka di dunia mendapat penilaian positif dari China.

"Kami mendukung kata-kata Tuan Lavrov," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, seperti dikutip dari RT, Rabu (29/12).

“China bermaksud untuk bekerja dengan Rusia untuk membantu mengintensifkan kerja sama antara semua negara dan menciptakan insentif baru untuk pembangunan damai universal," katanya.

Menurut Zhao, keinginan Beijing untuk bekerja sama dengan Moskow bertujuan memastikan bahwa diplomasi terus mengikuti norma-norma internasional termasuk menggunakan platform PBB.

“Saya ingin menekankan bahwa hubungan kemitraan komprehensif China-Rusia di era baru sekuat batu karang. Pada saat yang sama, kerja sama antara negara kita tidak bertujuan untuk mengalahkan siapa pun," ujarnya.

“RRC selalu mengejar kebijakan independen, berkontribusi untuk menjaga perdamaian dunia, secara aktif berkontribusi pada pembangunan global dan memastikan pelestarian tatanan internasional," tambah Zhao.

Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan bahwa Beijing bermaksud untuk menjaga hubungan yang saling menguntungkan dengan Moskow.

“Apa pun perubahan yang terjadi di dunia, persahabatan Tiongkok-Rusia, yang telah diturunkan dari generasi ke generasi, akan selalu kuat,” katanya, seraya menyatakan bahwa kedua negara akan bekerja sama untuk perdamaian dan stabilitas.

"Negara kita telah menjadi contoh klasik dalam membentuk hubungan saling percaya antara kekuatan besar," kata Wang.

Dalam panggilan video awal bulan ini, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping membahas pertahanan dan ekonomi, dan menyetujui proyek baru untuk mengembangkan struktur keuangan bersama guna memperdalam hubungan ekonomi di luar pengaruh negara asing lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA