Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkaca pada Olimpiade Sochi, Boikot AS terhadap Olimpiade Beijing akan Gagal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 30 Desember 2021, 12:54 WIB
Berkaca pada Olimpiade Sochi, Boikot AS terhadap Olimpiade Beijing akan Gagal
Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022/Net
rmol news logo Inisiasi Amerika Serikat (AS) untuk memboikot diplomatik Olimpiade Beijing pasti akan gagal, seperti halnya yang dilakukan Washington ketika memboikot Olimpiade Sochi pada 2014.

Duta Besar China untuk Rusia Zhang Hanhui menekankan, Olimpiade Beijing bukan panggung pertunjukan politisi. Itu merupakan peristiwa penting bagi atlet dan penggemar olahraga di seluruh dunia.

“Boikot AS terhadap Olimpiade Musim Dingin Sochi gagal, dan manuver politik menolak mengirim pejabat ke Olimpiade Musim Dingin Beijing ini (juga) pasti akan gagal," tegasnya, seperti dikutip Sputnik, Kamis (30/12).

"Semua orang yang menentang semangat demokrasi dan persatuan seluruh umat manusia pada akhirnya akan menuai buah pahit. Kami siap, bersama dengan komunitas internasional yang lebih luas, termasuk Rusia, untuk secara tegas menolak politisasi olahraga," tambah Dubes Zhang.

Washington telah mengumumkan tidak akan mengirim delegasi resmi ke Beijing untuk mengikuti gelaran olahraga tersebut lantaran adanya dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh China terhadap Uighur di Xinjiang, Hong Kong, dan isu seputar Taiwan.

Meski begitu, boikot tidak berlaku untuk partisipasi atlet. Pemerintahan Presiden Joe Biden pun berjanji akan mendukung para atlet untuk berlaga.

Inisiasi boikot diplomatik atas Olimpiade Beijing yang diadakan dari 4 hingga 20 Februari tahun depan ini juga diikuti oleh Inggris, Australia, dan Kanada. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA