On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Wang Yi: Selama China dan Rusia Bahu-membahu, Tatanan Dunia Tidak Akan Berantakan dan Hegemoni Pasti Kalah

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 31 Desember 2021, 09:22 WIB
Wang Yi: Selama China dan Rusia Bahu-membahu, Tatanan Dunia Tidak Akan Berantakan dan Hegemoni Pasti Kalah
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
Jelang pergantian tahun 2021, Penasihat Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyampaikan pesan kerja sama antara Beijing dan Moskow pada Kamis (30/12).

Dalam pernyataannya Wang memuji koordinasi strategis dan kerja sama praktis antara China dan Rusia dari perspektif tanggapan pandemi, pemulihan ekonomi, stabilitas regional dan pemerintahan global.

"Selama China dan Rusia berdiri bersama bahu-membahu dan memperdalam koordinasi bergandengan tangan, tatanan internasional tidak akan berantakan, keadilan di dunia tidak akan runtuh, dan hegemoni tidak akan menang," kata Wang, seperti dikutip dari Global Times, Jumat (31/12).

Pernyataan tersebut disampaikan Wang selama wawancara dengan media pemerintah tentang keadaan hubungan internasional dan diplomasi China pada tahun 2021, tahun yang menandai peringatan 20 tahun penandatanganan Perjanjian Bertetangga yang Baik dan Kerjasama Persahabatan antara China dan Rusia.

Mengenai pertanyaan tentang apa arti stabilitas dan pembangunan strategis global ketika China dan Rusia memikul dan melaksanakan tanggung jawab mereka, Wang mengatakan China dan Rusia adalah dua negara besar dengan pengaruh global.

"Koordinasi strategis dan kerja sama praktis mereka memiliki signifikansi global dan memainkan peran yang tak tergantikan," katanya.

Mengenai respons pandemi, Wang mengatakan China dan Rusia telah menjadi contoh yang baik bagi dunia.

"Dengan solidaritas dan gotong royong, kedua negara telah mempelopori penelitian, pengembangan, produksi dan distribusi vaksin global, selain bersama-sama menentang stigmatisasi dan politisasi isu-isu terkait virus corona dan penelusuran asal-usulnya, menunjukkan kepada anggota komunitas internasional lainnya bahwa solidaritas adalah cara yang tepat untuk memerangi pandemi," ujarnya.

"China dan Rusia juga telah memberikan dorongan kuat pada pemulihan ekonomi global, perlindungan yang kuat pada stabilitas regional dan menunjukkan rasa tanggung jawab pada tata kelola global," kata Wang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA