Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bolsonaro Tolak Bantuan Tangani Banjir dari Argentina, Gubernur di Brasil Kesal

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 31 Desember 2021, 10:31 WIB
Bolsonaro Tolak Bantuan Tangani Banjir dari Argentina, Gubernur di Brasil Kesal
Presiden Brasil Jair Bolsonaro/Net
Presiden Jair Bolsonaro dilaporkan telah menolak tawaran bantuan dari Argentina untuk menangani banjir parah yang telah menewaskan puluhan orang di Brasil.

Lewat unggahannya pada Kamis (30/12), Bolsonaro mengatakan pemerintah Argentina telah menawarkan untuk mengirim tim berisi 10 orang yang dapat membantu mendirikan tempat penampungan sementara, memberikan bantuan psikologis dan logistik bagi para korban.

Namun, Bolsonaro mengatakan, tawaran tersebut "sangat mahal untuk Brasil". Selain itu, ia menambahkan, Brasil juga telah menerima bantuan dari badan luar negeri Jepang, dan hanya akan menerima bantuan Argentina jika diperlukan.

"Pemerintah Brasil terbuka untuk bantuan dan sumbangan internasional," tulisnya, seperti dikutip Reuters.

Pemerintahan Bolsonaro sendiri diketahui memiliki hubungan dingin dengan Argentina, khususnya sejak terpilihnya Presiden Alberto Fernandez pada 2019. Bolsonaro juga pernah menyebut Fernandes sebagai "bandit merah".

Keputusan Bolsonaro tersebut mendapatkan teguran dari Gubernur Negara Bagian Bahia, Rui Costa. Bahia merupakan negara bagian paling terdampak terkena banjir.

Rui menekankan, pihaknya menyambut bantuan dari negara mana pun, dan negara-negara asing dapat menghubungi pemerintah negara bagian secara langsung.

"Saya berbicara kepada semua negara di dunia: Bahia akan langsung menerima, tanpa perlu melewati diplomat Brasil, segala jenis bantuan saat ini," cuit Costa di Twitter.

Sejauh ini, sedikitnya 24 orang telah meninggal dan puluhan ribu kehilangan tempat tinggal akibat hujan yang mencapai rekor di bagian timur laut Brail.

Di tengah bencana tersebut, Bolsonaro dilaporkan terus melanjutkan liburannya di pantai Santa Catarina.

ARTIKEL LAINNYA