Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Enam Nyawa Pasukan Nigeria dan Niger Melayang di Tangan ISIS

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 31 Desember 2021, 11:32 WIB
Enam Nyawa Pasukan Nigeria dan Niger Melayang di Tangan ISIS
Ilustrasi/Net
Teror ISIS kembali mencekam Afrika Barat. Sedikitnya enam tentara Nigeria dan Niger dilaporkan meregang nyawa di tangan militan ISWAP, atau ISIS di wilayah Afrika Barat.

Jurubicara Satuan Tugas Gabungan Multinasional (MTJF) Kolonel Muhammad Dole pada Kamis (30/12) mengatakan, pasukan Nigeria dan Niger menargetkan gerilyawan ISWAP di dekat lembah Danau Chad. Namun ISWAP melakukan perlawanan keras dengan serangan mortir dan alat peledak rakitan.

Dole mengatakan, selain enam pasukan yang meninggal, ada 16 tentara yang terluka. Sementara itu, 22 gerilyawan ISWAP meninggal dan 17 lainnya ditangkap. Truk senjata serta amunisi lainnya juga dihancurkan.

Lima tahun lalu, ISWAP memisahkan diri dari Boko Haram dan berjanji setia kepada ISIS. ISWAP telah memerangi pasukan dari Benin, Kamerun, Chad, Nigeria dan Niger di wilayah Danau Chad.

Wilayah di mana serangan terjadi adalah bagian dari negara bagian Borno di timur laut Nigeria, pusat pemberontakan Islam di mana sekitar 300 ribu orang tewas dan jutaan lainnya bergantung pada bantuan.

Gubernur Borno telah mengumumkan rencana untuk menutup semua kamp pengungsi internal di ibukota negara bagian Maiduguri pada akhir bulan ini, dengan alasan peningkatan keamanan dan penyerahan ribuan pejuang Boko Haram dalam beberapa bulan terakhir.

Namun serangan militan di seluruh Borno memicu ketakutan di antara ribuan orang terlantar tentang kembali ke rumah.

ARTIKEL LAINNYA