Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pidato Tahun Baru Xi Jinping: Penyatuan Kembali Taiwan dengan China adalah Aspirasi Banyak Orang di Dua Sisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Januari 2022, 06:09 WIB
Pidato Tahun Baru Xi Jinping: Penyatuan Kembali Taiwan dengan China adalah Aspirasi Banyak Orang di Dua Sisi
Presiden Xi Jinping/Net
rmol news logo . Bersatunya Taiwan dengan China daratan adalah sebuah aspirasi bagi Beijing, di tengah tekanan AS dan Uni Eropa.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pidato tahun barunya, Presiden Xi Jinping mengatakan aspirasi itu dimiliki oleh banyak orang dari kedua sisi Selat Taiwan. Mendorong semangat Partai Komunis China (CPC) yang berkuasa untuk semakin meningkatkan pencapaiannya pada misi yang besar.

"Kita harus selalu tetap setia pada aspirasi awal kita. Hanya melalui usaha keras dan tekad yang dapat kita memenuhi tanggung jawab kita terhadap sejarah, membuktikan layak zaman kita dan memenuhi harapan orang. Penyatuan kembali tanah air kita adalah aspirasi yang dimiliki oleh orang-orang di kedua sisi Selat Taiwan," ujar Xi.

Pidato Xi sepanjang 10 menit yang disiarkan di televisi juga menyoroti dedikasi 100 tahun CPC, serta hasil dari pertemuan pleno yang diadakan bulan lalu yang secara virtual, yang disebutnya membuka jalan bagi kelanjutan kekuasaannya.

Xi mengatakan, tahun 2021 telah merekam banyak suara Tiongkok yang tak terlupakan. Namun, dari semua peristiwa itu, sumpah pemuda Tiongkok telah menjadi penguat.

"Sumpah Pemuda Tiongkok, berjanji kepada Partai untuk membuat negara semakin kuat, itu adalah ungkapan kasih sayang dari cinta yang murni dan sejati, yang diselamatkan untuk tanah air," kata Xi.

Ia kemudian menguraikan banyak peristiwa, seperti penjelajah Zhurong menyelidiki Mars, satelit Xihe mengejar matahari, dan modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe berjalan di antara bintang-bintang, atlet mengalahkan diri mereka sendiri untuk unggul di lapangan olahraga, seluruh bangsa tetap bersatu dalam respons Covid-19, orang-orang di daerah yang dilanda bencana berdiri bersama untuk membangun kembali rumah mereka, dan anggota Tentara Pembebasan Rakyat dan Polisi Bersenjata mengabdikan diri untuk membangun militer yang kuat dan melindungi negara.

"Kerja keras dan dedikasi dari para pahlawan tanpa tanda jasa itu, yang tak terhitung jumlahnya, telah menambah momentum besar langkah maju Tiongkok di era baru," kata Xi.

Di penghujung pidato Xi sekali lagi mengucapkan selamat tahun baru untuk semua warganya.

"Salam saya untuk kalian semua. Dari Beijing, saya menyampaikan harapan Tahun Baru untuk kalian semua. Tahun lalu merupakan tahun yang sangat penting. Kami telah menjalani peristiwa penting dalam sejarah Partai kami dan negara kami," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA