Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Tahun Baru, Ratu Elizabeth II Anugerahkan Gelar Ksatria Senior kepada Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Januari 2022, 14:03 WIB
Sambut Tahun Baru, Ratu Elizabeth II Anugerahkan Gelar Ksatria Senior kepada Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair/Net
rmol news logo Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair mendapatkan penghargaan sebagai Knight Companion of the Most Noble Order of the Garter, ordo ksatria paling senior di Kerajaan yang diberikan secara pribadi oleh Ratu Elizabeth II, pada Jumat (31/12) waktu setempat.

Sebelumnya, Ratu memberikan gelar kebangsawanan serupa kepada mantan perdana menteri Konservatif John Major pada 2005.

Blair, yang saat ini berusia 68 tahun mengalahkan Major dengan kemenangan telak Partai Buruh pada 1997 dan menjabat sebagai PM Inggris selama satu dekade.

Keberhasilannya termasuk mengamankan perdamaian di Irlandia Utara. Namun, di saat bersamaan dirinya juga mendapat kritik keras di dalam negeri atas dukungannya untuk perang Irak yang dipimpin AS pada 2003.

“Merupakan kehormatan besar untuk ditunjuk sebagai Knight Companion of the Most Noble Order of the Garter, dan saya sangat berterima kasih kepada Yang Mulia Ratu,” kata Blair, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (1/1).

Selain penghargaan kepada Blair, Kerajaan Inggris juga memberikan Penghargaan Utama Tahun Baru kepada sejumlah pejabat yang mempelopori perjuangan Inggris melawan Covid-19. Mereka termasuk Chris Whitty, kepala penasihat medis pemerintah Inggris dan wakil kepala petugas medis Inggris Jonathan Van-Tam yang menerima ksatria.

Kepala penasihat ilmiah pemerintah, Patrick Vallance, menjadi Commander of the Order of the Bath setelah menerima gelar ksatria pada 2019. Rekan-rekannya di Skotlandia dan Wales juga dianugerahi gelar bangsawan pada hari Jumat.

Regulator obat Inggris, Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency, pada Desember 2020 menjadi yang pertama di dunia yang menyetujui vaksin Pfizer. Kepala eksekutifnya, June Raine, juga menerima penghargaan.

Sejumlah tokoh di dunia hiburan yang berperan dalam kemajuan Inggris juga memperoleh sejumlah penghargaan dari Kerajaan.

Pemeran James Bond, Daniel Craig (53), diangkat menjadi Companion of the Order of St Michael dan St George, sebuah kehormatan langka yang diberikan atas perannya dalam karya Ian Flemings.

Tak hanya Craig, produser AS dari film-film Bond selama lebih dari dua dekade, Barbara Broccoli, telah diangkat menjadi CBE, atau Komandan Kerajaan Inggris untuk jasa film, drama dan filantropi. Penulis lagu Bernie Taupin (71), yang bersama-sama dengan Elton John menggubah hits seperti "Rocket Man" dan "Candle In The Wind" diangkat menjadi OBE (Officer of the British Empire).

Sementara mantan bintang Spice Girls Melanie Brown juga diangkat menjadi MBE (Anggota Kerajaan Inggris) untuk pekerjaannya dengan badan amal kekerasan dalam rumah tangga Women's Aid. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA