Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pendidikan, Kesehatan Masyarakat hingga Pertanian Jadi Fokus Korea Utara Selama Tahun 2022

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 02 Januari 2022, 11:22 WIB
Pendidikan, Kesehatan Masyarakat hingga Pertanian Jadi Fokus Korea Utara Selama Tahun 2022
Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea Kim Jong Un ketika mengikuti Rapat Pleno ke-4 Komite Sentral ke-8 Partai Pekerja Korea (WPK) yang digelar di gedung kantor Komite Sentral Partai pada Jumat (31/12)/KCNA
Peningkatan kualitas pendidikan, layanan medis, dan sektor pertanian sangat diperlukan untuk melakukan pembangunan nasional menuju kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Hal itu digarisbawahi oleh Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea Kim Jong Un ketika mengikuti Rapat Pleno ke-4 Komite Sentral ke-8 Partai Pekerja Korea (WPK) yang digelar di gedung kantor Komite Sentral Partai pada Jumat (31/12).

Rapat tahunan itu digelar untuk mengevaluasi kebijakan selama satu tahun ke belakang, dan merumuskan fokus kebijakan selama setahun ke depan.

Lewat pidatonya bertajuk "Mari Kita Berjuang untuk Kemakmuran dan Pembangunan Negara yang Besar serta Kesejahteraan Rakyat", Kim Jong Un penekankan pentingnya tugas-tugas untuk mempromosikan pembangunan konstruksi sosialis, khususnya dalam ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kesehatan masyarakat.

Ia mengatakan, tugas utama yang dimiliki unit-unit ilmiah dan penelitian saat ini adalah pengembangan dan penyelesaian teknologi yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi negara, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dalam sektor pendidikan, perlu ditetapkan revolusi pendidikan untuk mengembangkan bakat kompeten dan kreatif yang dimiliki anak-anak agar dapat menciptakan masa depan yang maju dan ideal.

"Untuk itu perlu lebih memperkuat sistem pendidikan meritokratis dan melatih sejumlah besar talenta iptek yang baik yang dapat menjadi inti dan penggerak di beberapa bidang termasuk ekonomi dan pertahanan negara," jelasnya.

Terkait ini, Kim mendorong penguatan guru, modernisasi pendidikan, dan menciptakan lingkungan yang baik secara kualitatif dan kuantitatif.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Kim juga menyoroti pentingnya kesehatan masyarakat sehingga perlu adanya peningkatan kualitas layanan medis.

Hal lain yang menjadi fokus dalam pidato Kim adalah sektor pertanian yang menjadi penggerak kemandirian ekonomi negara. Ia menyampaikan agar berbagai permasalahan untuk meningkatkan produksi pertanian secara berkelanjutan harus segera diselesaikan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan investasi negara di bidang pertanian dan mengonsolidasikan fondasi material serta teknologi untuk sektor tersebut.

Ia kemudian meminta kabinet dan lembaga terkait untuk mendirikan sebuah sistem khusus untuk mengimplementasikan upaya tersebut.

ARTIKEL LAINNYA