Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mesir Desak Israel dan Hamas untuk Lakukan Genjatan Senjata

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 03 Januari 2022, 07:03 WIB
Mesir Desak Israel dan Hamas untuk Lakukan Genjatan Senjata
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett/Net
Bentrokan Israel dengan Hamas yang baru-baru ini meletus kembali, menjadi sorotan para pejabat Mesir.

Pada Minggu (02/01) mereka mendesak Israel dan gerilyawan Palestina di Jalur Gaza untuk mengendalikan permusuhan dan mematuhi gencatan senjata.

Desakan itu muncul setelah sebelumnya gerilyawan Hamas meluncurkan roket ke Laut Mediterania di lepas pantai Israel tengah, yang mengakibatkan  Israel memberi balasan dengan membombardir posisi gerilyawan di Gaza dengan serangan uadara pada Minggu pagi.

Militer Israel mengatakan pihaknya menyerang "tempat pembuatan roket dan pos militer" milik Hamas di Jalur Gaza sebagai tanggapan atas tembakan roket yang diluncurkan Hamas pada Sabtu.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengecam tindkaan tersebut dengan mengatakan, siapa pun yang mengarahkan rudal ke Israel harus bertanggung jawab.

Gencatan senjata, yang ditengahi oleh Mesir dan mediator lainnya yang sebagian besar diadakan sejak perang 11 hari antara Hamas dan Israel, telah gagal.

Namun, kelompok militan itu mengatakan Israel belum mengambil langkah serius untuk meredakan blokade yang diberlakukan di Gaza dengan Mesir setelah gerakan Islam menguasai daerah kantong pantai itu pada 2007.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA