Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Uji Coba Rudal Awal Tahun oleh Korut adalah Senjata Hipersonik

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Januari 2022, 08:53 WIB
Uji Coba Rudal Awal Tahun oleh Korut adalah Senjata Hipersonik
Ilustrasi/Net
Peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korea Utara ke arah Laut Jepang atau Laut Timur pada Rabu (5/1) merupakan uji coba senjata hipersonik.

Menurut surat kabar resmi Partai Pekerja Korea (WPK), Rodong Sinmun pada Kamis pagi (6/1), uji coba merupakan upaya Pyongyang untuk memodernisasi kekuatan strategis nasional.

Laporan menyebut uji coba dilakukan untuk mengetahui kemampuan sistem ampul bahan bakar selama cuaca musim dingin dan peningkatan kemampuan menstabilkan kendaraan luncur hipersonik.

Uji coba menggabungkan peluncuran multi-tahap dan gerakan lateral yang kuat.

Dijelaskan, kendaraan meluncur didorong oleh mesin roket, kemudian senjata hipersonik dilepaskan ke arah sasaran. Uji coba mengadopsi jalur penerbangan tak terduga untuk menghindari intersepsi.

"Setelah terlepas setelah peluncurannya, rudal itu membuat gerakan lateral 120 km dalam jarak terbang hulu ledak meluncur hipersonik dari azimuth peluncuran awal ke azimuth target dan tepat mengenai target sejauh 700 km,” jelas Rodong Sinmun.

Dengan laporan tersebut, maka Korea Utara telah melakukan dua kali uji coba senjata hipersonik. Uji coba pertama dilakukan pada September tahun lalu, menggunakan senjata hipersonik yang disebut Hwasong-8.

ARTIKEL LAINNYA