Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Setahun Kerusuhan Capitol Hill, Joe Biden Cecar Kesalahan Donald Trump

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Januari 2022, 09:44 WIB
Setahun Kerusuhan Capitol Hill, Joe Biden Cecar Kesalahan Donald Trump
Kerusuhan di Capitol Hill, Amerika Serikat pada 6 Januari 2020/Net
Presiden Amerika Serikat (Joe Biden) menunjuk hidung pendahulunya, Donald Trump, atas kerusuhan mematikan di Capitol Hill pada 6 Januari 2020.

Memperingati setahun kerusuhan, Biden dan wakilnya, Kamala Harris akan berbicara di Capitol Hill pada Kamis pagi (6/1).

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, Biden akan menjelaskan pentingnya apa yang terjadi di Capitol Hill dan tanggung jawab yang dipikul oleh Trump atas kekacauan tahun lalu dalam pidatonya.

"Presiden Trump memiliki tanggung jawab tunggal atas kekacauan yang kita lihat, bagaimana dia mendorong kebohongan dan kekesatan untuk mengalihkan perhatian publik Amerika atas apa yang terjadi," ujar Psaki, seperti dikutip Reuters.

Kekacauan di Capitol Hill terjadi ketika Trump mendorong para pendukungnya untuk menggagalkan upaya mengesahkan kemenangan Biden dalam pilpres AS di Kongres.

Trump sendiri menggunakan kecurangan dalam pemilu oleh Biden sebagai klaim untuk menggiring para pendukungnya.

Kerusuhan tersebut dinilai sebagai serangan terburuk di Capitol sejak Perang 1812, dan mengancam demokrasi. Empat orang tewas pada hari kerusuhan, dan seorang petugas polisi Capitol meninggal sehari setelahnya. Lusinan polisi terluka, dan empat petugas bunuh diri setelah peristiwa tersebut.

"(Presiden Biden) telah melihat dengan jelas tentang ancaman yang diwakili mantan presiden terhadap demokrasi kita bagaimana mantan presiden terus-menerus bekerja untuk merusak nilai-nilai dasar Amerika dan supremasi hukum," jelas Psaki.

Sementara itu, Trump membatalkan konferensi pers di Mar-a-Lago, Florida untuk memperingati kerusuhan tersebut.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA