Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Jajaki Saling-Pengakuan Sertifikat Vaksin dengan 13 Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Januari 2022, 17:01 WIB
Indonesia Jajaki Saling-Pengakuan Sertifikat Vaksin dengan 13 Negara
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Repro
rmol news logo Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri, mengupayakan saling-pengakuan sertifikat vaksin dengan negara-negara lain demi perjalanan internasional yang lebih aman.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut, ada 13 negara dan entitas yang tengah melakukan pembahasan intensif dengan Indonesia terkait saling-pengakuan sertifikat vaksinasi dan interoperabilitas platform.

"Pembahasan intensif sedang dilakukan dengan Malaysia, Singapura, Arab Saudi, India, Australia, Uni Emirat Arab (UEA), Turki, Belanda, Serbia, Hungaria, Ukraina, Kazakhstan, dan Uni Eropa," ujar Retno dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) pada Kamis (6/1).

Retno mengatakan pihaknya juga melakukan diplomasi untuk membentuk travel corridor arrangement (TCA) dengan tujuan pemulihan perjalanan lintas batas yang aman.

Di samping itu, Retno turut menyoroti diplomasi ekonomi Indonesia pada 2021 yang terus diperkuat. Ia menekankan, upaya pemulihan ekonomi dilakukan tanpa mengorbankan aspek kesehatan, lingkungan hidup, dan pembangunan berkelanjutan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA