Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Teror Obor di Rumahnya, Mantan Menlu Belanda Ungkap Ancaman Sistematis Terhadap Politisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 07 Januari 2022, 11:57 WIB
Soal Teror Obor di Rumahnya, Mantan Menlu Belanda Ungkap Ancaman Sistematis Terhadap Politisi
Mantan Menlu Belanda Sigrid Kaag/Net
rmol news logo Mantan Menteri Luar Negeri Belanda yang juga Ketua Umum Partai Democrats 66, Sigrid Kaag buka suara soal teror pria pembawa obor yang mendatangi rumahnya pada Rabu malam (5/1) lalu.

Dengan nada yang sedikit keras, Kaag dalam pernyataan tertulisnya di Twitter juga membahas ancaman yang harus dihadapi lebih banyak politisi.

 â€œAncaman sistematis terhadap politisi merusak supremasi hukum dan demokrasi," tulis Kaag, seperti dikutip dari NL Times, Jumat (7/1).

“Itu berarti kita semua, dan maksud saya kita semua, memiliki peran dan tanggung jawab. Kita tidak bisa membiarkannya berlalu begitu saja. Ada  pekerjaan yang harus diselesaikan”, lanjutnya.

Dalam pernyataannya, tanpa menyebut nama, Kaag juga mengkritik orang-orang yang terbiasa mengeluarkan ancaman dan hasutan.

“Tadi malam sekali lagi menunjukkan bahwa kata-kata mengarah pada tindakan. Hati-hati dengan kata-kata, satu sama lain, dan hati-hati dengan demokrasi kita,” tulisnya.

Pelaku asal Amterdam berusia 29 tahun yang saat ini  sudah ditahan polisi dan akan disidang pada hari Jumat, diduga adalah orang yang sama yang ditangkap bulan lalu di luar rumah Menteri Kesehatan Hugo de Jonge.

Pemimpin Partai FvD Thierry Baudet menyebut insiden di rumah Kaag sebagai sesuatu yang  mengerikan, namun menurutnya tidak serta merta itu bisa dikaitkan dengan kelompok tertentu.

“Tidak masuk akal untuk menghubungkannya dengan partai atau posisinya,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA