Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Festival Hindu Gangasagar Mela akan Tetap Terselenggara di Tengah Ancaman Virus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Januari 2022, 08:39 WIB
Festival Hindu Gangasagar Mela akan Tetap Terselenggara di Tengah Ancaman Virus
Perayaan Gangasagar Mela pada 2021 lalu, juga dilakssanakan saat Covid-19 melanda India/Net
rmol news logo Ratusan ribu orang diperkirakan akan menghadiri festival tahunan Gangasagar Mela, di tengah lonjakan kasus Covid-19. Upacara tahunan itu akan dimulai pada Sabtu (8/1) waktu setempat dan berlangsung hingga puncaknya yaitu 17 Januari, di sebuah pulau di mana sungai suci Gangga memasuki Teluk Benggala.

Upacara yang menandai musim panen itu semula mendapat pertentangan dari para ahli kesehatan India.

Dokter Avinandan Mondal adalah pihak yang meminta pengadilan untuk melarang festival tersebut. Namun, pada Jumat (7/1), Pengadilan India menolak gugatan untuk membatalkan salah satu festival besar Hindu itu, meskipun ada kekhawatiran bahwa pertemuan besar itu dapat menyebarkan infeksi virus corona.
Pada Jumat (7/1) kasus-kasus baru Covid-19 di India melewati 100.000. Pejabat setempat telah memberlakukan pembatasan untuk memperlambat penyebaran virus.

Pengadilan Tinggi Calcutta yang menolak permintaan pembatalan festival, justru menegaskan bahwa pemerintah daerah harus mendukung festival tersebut dan memaksimalkan protokol kesehatan selama acara berlangsung.

"Gangasagar Mela harus dilakukan secara ketat mengikuti pembatasan Covid-19," kata Pengadilan, seperti dikutip dari Indian Today.

Pengadilan juga telah memerintahkan pembentukan komite yang dapat merekomendasikan kepada negara bagian larangan masuk ke Pulau Sagar jika ada pelanggaran norma keselamatan kesehatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA