Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Api Melahap Gedung Apartemen New York, 19 Orang Tewas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 10 Januari 2022, 07:29 WIB
Api Melahap Gedung Apartemen New York, 19 Orang Tewas
Kebakaran di gedung apartemen 19 lantai di wilayah Bronx, New York, Minggu 9 Januari 2022/Net
Sembilan belas orang, termasuk 9 anak-anak, tewas akibat kebakaran yang melanda sebuah gedung apartemen 19 lantai di wilayah Bronx, New York, pada Minggu pagi (9/1) waktu setempat. Aparat mengatakan, puluhan lainnya terluka parah.

Sementara penyebab aslinya masih belum diketahui, video dari tempat kejadian menunjukkan api dan asap mengepul dari jendela lantai tiga ketika orang-orang turun dari tangga yang dipasang oleh penyelamat yang datang sekitar pukul 11.00 pagi waktu setempat.

Pejabat kota mengatakan lebih dari enam puluh orang terluka, dengan 13 dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis.

Walikota Eric Adams insiden pada Minggu pagi itu sebagai salah satu kebakaran terburuk dalam sejarah kota, menyatakan dampaknya akan dirasakan oleh semua orang.

Dilaporkan New York Post, Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Daniel Nigro mengatakan para korban ditemukan di setiap lantai dan banyak di antara mereka terkena serangan jantung dan pernapasan.

"Ini situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di kota kami," katanya.

Sekitar 200 petugas pemadam kebakaran dikirim untuk memadamkan api di lingkungan Fordham Heights sebelum akhirnya dapat dikendalikan.

Pejabat kota memobilisasi sumber daya ke daerah dekat East 181st St dan Valentine Avenue, di mana gedung itu berada, untuk membantu warga yang kehilangan tempat tinggal dan anggota keluarga mereka.

Dengan jumlah korban yang ada membuat kebakaran hari Minggu menjadi yang terburuk dalam lebih dari tiga dekade dan paling mematikan sejak kebakaran di klub malam Bronx Happy Land menewaskan 87 orang pada tahun 1990.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA