Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taliban Ijinkan Iran Gunakan Posisi Geografis Afghanistan Sebagai Penghubung Asia Tengah dan Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/abdul-mansoor-hassan-zada-1'>ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA</a>
LAPORAN: ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA
  • Senin, 10 Januari 2022, 17:17 WIB
Taliban Ijinkan Iran Gunakan Posisi Geografis Afghanistan Sebagai Penghubung Asia Tengah dan Selatan
Delegasi pemerintahan Taliban bertemu dengan pejabat Iran di Teheran (Minggu, 9/1)/BBC
rmol news logo Delegasi Afghanistan yang dipimpin oleh Penjabat Menteri Luar Negeri Imarah Islam Afghanistan Amir Khan Motaqi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Hussain Amir Abdulahian di Teheran pada Minggu (9/1). Imarah Islam Afghanistan adalah sebutan untuk pemerintahan Taliban yang baru mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pertengahan Agustus tahun lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Melalui sebuah pernyataan, pemerintah Taliban menyatakan bahwa delegasi kedua negara membahas sejumlah isu, mulai dari ekonomi bilateral, hubungan politik, perdagangan, minyak, transit hingga keamanan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga sepakat bahwa posisi geografis Afghanistan bisa menjadi titik penghubung bagi Asia tengah serta selatan dan bahwa Iran juga dapat memanfaatkan posisi tersebut.

“Dalam pertemuan itu, delegasi Afghanistan dan Iran sepakat bahwa Iran dapat menggunakan geografi Afghanistan untuk mengekspor barang-barangnya ke Asia tengah dan selatan dan Afghanistan juga dapat menggunakan geografi Iran untuk ekspor," begitu bunyi pernyataan terserbut.


Delegasi Taliban yang berkunjung ke Iran terdiri dari Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan dan Industri, Kepala Bank Sentral, dan beberapa Deputi Menteri. Ini adalah kunjungan resmi perdana mereka ke Iran usai Taliban kembali berkuasa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA