Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tepis Rumor Masuk Anggota NATO, Swedia: Kebijakan Luar Negeri Kami Jelas

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 11 Januari 2022, 09:38 WIB
Tepis Rumor Masuk Anggota NATO, Swedia: Kebijakan Luar Negeri Kami Jelas
Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson/Net
Swedia tidak berencana untuk mengubah kebijakan luar negerinya dan menjadi anggota NATO, tetapi akan melanjutkan kemitraannya dengan aliansi militer tersebut.

Begitu yang dikatakan oleh Perdana Menteri Magdalena Andersson dalam konferensi pers pada Senin (10/1), seperti dikutip Sputnik.

"Swedia telah menempuh jalurnya sendiri dalam hal keamanan untuk waktu yang lama, kami selalu dengan jelas mengatakan bahwa kami memiliki kemitraan dengan NATO. Kebijakan pemerintah jelas, kami tidak bermaksud bergabung dengan NATO," kata Andersson.

Meskipun demikian, ada mayoritas di parlemen Swedia yang mendukung penguatan hubungan dengan NATO.

Sementara itu, pada pekan lalu, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan negaranya tidak menutup kemungkinan untuk mengajukan keanggotaan NATO.

Berkembangnya Pakta Pertahanan Atlantik Utara memicu kekhawatiran dari Rusia, yang selama ini dianggap sebagai targetnya. Rusia juga telah menyatakan penolakan atas rencana memasukan Ukraina ke dalam NATO.

Pada 17 Desember, Rusia merilis proposal untuk jaminan keamanan kepada NATO dan Amerika Serikat yang berusaha mencegah aliansi berkembang ke arah timur.

ARTIKEL LAINNYA