Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Raup Untung Besar dari Sanksi AS, Bisa Beli Minyak Murah dari Iran dan Venezuela

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 11 Januari 2022, 15:30 WIB
China Raup Untung Besar dari Sanksi AS, Bisa Beli Minyak Murah dari Iran dan Venezuela
Kapal tanker Iran/Net
rmol news logo China memanfaatkan sanksi Amerika Serikar (AS) yang diberlakukan atas minyak Iran dan Venezuela untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Data dari Bloomberg menunjukkan, China bahkan menggandakan impor minyak mentah dari Iran dan Venezuela pada 2021. Sepanjang tahun lalu, China membeli 324 juta barel dari Iran dan Venezuela atau 53 persen lebih banyak dari tahun 2020.

Itu merupakan impor terbesar China sejak Beijing membeli 352 juta barel minyak mentah dari dua negara tersebut.

Di antara mereka yang diuntungkan adalah perusahaan swasta. Dengan sanksi internasional, harga minyak mentah Iran dan Venezuela banyak tidak terjual, alhasil harga pun ikut anjlok.

Pembelian dari Iran dan Venezuela juga biasanya tidak muncul dalam data bea cukai resmi.

"Lonjakan ini dipicu oleh kenaikan harga minyak mentah, membuat minyak mentah Iran, secara anekdot, lebih murah hingga 10 persen ketika dikirim ke China,” kata kepala peneliti kapal tanker di Braemar ACM Shipbroking, Anoop Singh.

Singh mengatakan, minyak yang terkena sanksi biasanya diangkut dengan kapal tua yang seharusnya digunakan untuk tempat pembuangan sampah, yang lebih menghemat biaya.

Kargo dapat dikirim langsung dari negara asal dengan kapal tanker secara gelap, artinya transpondernya dimatikan. Mereka juga dapat dipindahkan antar kapal di laut untuk menutupi dari mana minyak mentah itu berasal.

Minyak mentah Iran dan Venezuela sering dicap ulang dan dijual sebagai minyak dari Oman dan Malaysia. China belum menerima minyak mentah Iran sejak Desember 2020, sementara impor dari Oman dan Malaysia telah meningkat.

Meski begitu, minyak mentah yang dikenai sanksi akan diproses dan memiliki harga yang tetap tinggi untuk dijual oleh China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA