Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kecelakaan Tragis Tewaskan 14 Orang Termasuk 6 Jurnalis, Presiden Tanzania Berduka

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 12 Januari 2022, 08:06 WIB
Kecelakaan Tragis Tewaskan 14 Orang Termasuk 6 Jurnalis, Presiden Tanzania Berduka
Presiden Samia Suluhu Hassan/Net
Nasib tragis menimpa 14 orang yang enam di antaranya adalah jurnalis. Mereka tewas dalam sebuah kecelakaan di jalan dekat Danau Victoria di Tanzania pada Selasa (11/1) waktu setempat.

Pihak berwenang dalam keterangannya mengatakan bahwa para korban sedang dalam perjalanan bersama komisaris regional Mwanza, dan termasuk pejabat komunikasi lokal dan sopir mereka serta wartawan televisi dan surat kabar.

“Sebuah minibus mencoba menyalip kendaraan lain, kemudian bertabrakan dengan kendaraan yang membawa wartawan dan pejabat pemerintah,” kata Gabriel Zacharia, komisaris distrik Busega, di mana kecelakaan itu terjadi, seperti dikutip dari AFP, Rabu (12/1).

Presiden Samia Suluhu Hassan mengeluarkan pernyataan di Twitter yang menyatakan belasungkawa kepada keluarga korban dan berdoa untuk agar korban yang terluka segera pulih.

Pekan lalu, negara Afrika Timur itu mengalami tragedi lain setelah 10 orang tewas ketika sebuah kapal yang mengangkut orang-orang ke pemakaman di kepulauan Zanzibar di Samudera Hindia terbalik.

Sehari sebelumnya sebuah kecelakaan lain juga menimpa sebuah truk yang menewaskan sembilan pedagang dan melukai 20 lainnya di dekat kota Lira di Uganda utara pada Senin malam.

"Kecelakaan itu disebabkan oleh kecepatan tinggi, mengemudi sembrono dan truk itu kelebihan muatan dengan penumpang dan barang dagangan," kata juru bicara kepolisian daerah Jimmy Patrick Okema.

Dia mengatakan 20 orang lainnya dirawat di rumah sakit.

Saksi mata yang dikutip oleh media lokal mengatakan truk itu memiliki lebih dari 50 orang di dalamnya ketika jatuh, tetapi ini tidak dikonfirmasi oleh polisi.

Kecelakaan di jalan raya sering terjadi di Uganda dan kebanyakan kasus disebabkan oleh mengemudi yang sembrono, kecepatan tinggi, serta kondisi kendaraan dan jalan yang buruk.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA