Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kremlin: Jika AS Berani Sanksi Presiden Putin, Hubungan Washington-Moskow Putus Sepenuhnya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 Januari 2022, 07:06 WIB
Kremlin: Jika AS Berani Sanksi Presiden Putin, Hubungan Washington-Moskow Putus Sepenuhnya
Juru bicara Kremlin, Dmitry PeskovNet
Rencana sejumlah Senator AS dari Partai Demokrat untuk menerbitkan rancangan undang-undang yang akan menjatuhkan sanksi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin ditanggapi dingin pejabat Moskow.

Dalam pernyataannya, Kremlin mengatakan jika AS benar-benar menjatuhkan sanksi pribadi kepada Putin, maka hubungan antara Moskow dan Washington akan benar-benar putus seluruhnya.

“Moskow tidak berencana untuk menanggapi apa pun. Namun, karena kami masih ingin berharap setidaknya akal sehat akan menang," kata Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dikutip dari RT, Kamis (13/1).

“Pengenaan sanksi terhadap kepala negara dan terhadap pemimpin Rusia adalah tindakan yang sebanding dengan pemutusan hubungan,” lanjutnya.

Langkah-langkah terbaru yang diusulkan Demokrat di Senat dimaksudkan untuk bertindak sebagai pencegah terhadap potensi invasi Rusia ke Ukraina.

Rancangan undang-undang tersebut juga mencakup 500 juta dolar AS bantuan keamanan ke Kiev, dan sanksi terhadap Perdana Menteri Mikhail Mishustin dan anggota pemerintah lainnya.

“Putin tidak perlu meruntuhkan seluruh ekonominya juga tidak perlu mengorbankan nyawa rakyatnya sendiri dalam upaya sia-sia untuk menulis ulang peta Eropa,” kata Senator Demokrat Robert Menendez pada hari Rabu.

Di bawah rancangan undang-undang, pemerintah AS juga akan diminta untuk menyelidiki dan menerbitkan laporan tentang kekayaan dan aset pribadi Putin, anggota keluarganya, dan orang lain yang diyakini AS memiliki aset atas namanya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA