Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Misi Selesai, Pasukan Penjaga Perdamaian CSTO Tinggalkan Kazakhstan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 Januari 2022, 12:24 WIB
Misi Selesai, Pasukan Penjaga Perdamaian CSTO Tinggalkan Kazakhstan
Pasukan Penjaga Perdamaian CSTO di Bandara Alkmaty, misi selesai dan mereka meninggalkan Kazakhtan/Net
Pasukan Penjaga Perdamaian yang dikirim oleh Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) dari Armenia, Tajikistan, dan Kirgistan, mulai meninggalkan Kazakhstan pada Jumat (14/1).

Sputnik
melaporkan, mereka diangkut oleh tiga pesawat militer Il-76 Rusia dan berangkat dari bandara Almaty.

Untuk pasukan CSTO dari Tajikistan, berangkat dengan satu pesawat Il-76 Rusia dan juga membawa taruna mereka belajar di lembaga pendidikan militer Kazakhstan selama liburan. Sedangkan untuk pasukan Kirgistan, mereka meninggalkan Kazakhstan dengan kendaraan militer.

CSTO memulai operasi penjaga perdamaian di Kazakhstan sebagai tanggapan atas permintaan Presiden Kassym-Jomart Tokayev yang dibuat di tengah kerusuhan sipil yang melanda negara Asia Tengah itu. Mereka dikirim ke Kazakhstan untuk jangka waktu terbatas untuk normalisasi situasi di Kazakhstan.

Pada Kamis (13/1), CSTO mengumumkan misi telah berakhir karena kondisi Kazakhstan mulai kondusif dan para terduga kesuruhan mematikan telah diamankan. Penarikan pasukan penjaga perdamaian pun secara bertahap dimulai sejak Kamis.

Ketika misi berhasil, maka tiba saatnya pasukan CSTO meninggalkan Kazakhstan, sesuai dengan yang te;ah disepakati. Ini sekaligus membatah tuduhan Barat bahwa pasukan CSTO yang dipimpin Rusia memiliki maksud memegang kendali penuh atas kazakhstan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA