Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mantan Ketua Partai Konservatif: Ada Agen China Menyusup di Parlemen Inggris

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Januari 2022, 06:36 WIB
Mantan Ketua Partai Konservatif: Ada Agen China Menyusup di Parlemen Inggris
Ilustrasi/Net
Sebuah laporan disampaikan politikus senior Inggris tentang dugaan adanya agen pemerintah China yang menyusup dan aktif di dalam Parlemen Inggris.

Ian Duncan Smith, mantan pemimpin Partai Konservatif yang saat ini berkuasa, mengungkap hal tersebut. Ia mengatakan, kehadiran agen China itu dimaksudkan untuk menurunkan kinerja Parlemen.

Duncan Smith mengatakan anggota parlemen termasuk Ketua DPR Lindsay Hoyle telah diberitahu oleh agen mata-mata domestik Inggris MI5 bahwa ‘agen China’ tersebut aktif di Parlemen dan telah bekerja dengan seorang anggota parlemen Inggris.

"Ini adalah masalah yang sangat memprihatinkan," kata Duncan Smith, seperti dikutip dari AP, Jumat (14/1).

Sehubungan dengan laporan tersebut, parlemen pun mempertimbangkan untuk meningkatkan keamanan dan mendeportasi agen China.

Selama ini Duncan Smith memang dikenal sebagai seorang kritikus vokal terhadap Pemerintah China. Dia dikenai sanksi oleh Beijing tahun lalu karena komentarnya tentang perlakuan terhadap Muslim Uighur di Xinjiang dan dilarang memasuki negara itu. Pengusaha dan warga China juga dilarang berbisnis dengannya.

Informasi menyebutkan, bahwa orang yang diduga agen China itu bernama Christine Lee.

"Lee secara sadar terlibat dalam kegiatan campur tangan politik atas nama Departemen Persatuan Front Kerja Partai Komunis China," isi laporan itu.

Lee memfasilitasi sumbangan keuangan dan juga calon anggota parlemen atas nama warga negara asing yang berbasis di Hong Kong dan China.  Sementara inim Lee tidak ditangkap atau dideportasi, hanya dilarang masuk parlemen.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA