Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kasus Covid-19 Melonjak, Manila Minta Siswa Kembali Belajar dari Rumah

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Januari 2022, 06:55 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak, Manila Minta Siswa Kembali Belajar dari Rumah
Warga melakukan vaksinasi Covid-19 di Manila/Net
Kasus Covid-19 yang melonjak dalam beberapa hari terakhir memaksa otoritas Manila memberlakukan kembali pembelajaran jarak jauh. Keputusan itu diumumkan pihak berwenang pada Jumat (14/1) dan berlaku mulai Senin (17/1) hingga Jumat (22/1).

Lonjakan kasus ini didominasi oleh varian Omicron, yang menyebabkan gangguan pada rantai bisnis dan layanan di kota metropolis berpenduduk 13 juta itu.

"Perintah pembelajaran jarak jauh dimaksudkan untuk mengamankan siswa dan staf pendidikan dari risiko penularan," isi pernyataan otoritas setempat, seperti dikutip dari AFP.

Pemerintah juga menyarankan agar orang-orang tetap waspada dan menghindari kerumuman karena pandemi belum selesai. Warga diminta untuk mematuhi protokol kesehatan, selain untuk keselamatan diri juga untuk meringankan beban para tenaga kesehatan yang sejauh ini sudah sangat kerepotan dengan lonjakan pasien Covid-19 yang rawat inap.

Dalam seminggu terakhir, ribuan guru dan siswa telah terinfeksi Covid-19, menurut Aliansi Guru Peduli, Mereka menyambut baik perintah pembelajaran jarak jauh.

Pemerintah berusaha untuk tidak terlalu keras membatasi pergerakan, mengingat bisnis sudah terlalu lama berhenti semenjak muncul pandemi.

Pemerintah juga telah mempersingkat masa isolasi untuk orang dengan gejala penyakit ringan dari 10 menjadi tujuh hari.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA