Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Terima Trump Disalahkan Atas Kebuntuan Kesepakatan Nuklir Iran, Mantan Menlu AS: Biden Hidup di Dunia Fantasi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Januari 2022, 13:29 WIB
Tak Terima Trump Disalahkan Atas Kebuntuan Kesepakatan Nuklir Iran, Mantan Menlu AS: Biden Hidup di Dunia Fantasi
Mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo/Net
Keputusan Pemerintahan Joe Biden untuk melanjutkan kembali pembicaraan mengenai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) yang juga dikenal dengan kesepakatan nuklir Iran dikecam Mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News Friday, Pompeo ditanya mengenai pendapatnya atas pernyataan juru bicara Biden Jen Psaki yang menyalahkan kebuntuan nuklir dengan Iran kepada keputusan Trump karena keluar dari JCPOA.

“Dia hidup di dunia fantasi yang terputus dari dunia nyata yaitu JCPOA,” kata Pompeo.

“Itu menciptakan jalur yang jelas untuk senjata nuklir dan seluruh program senjata nuklir yang akan dimiliki Iran," tambahnya.

Pompeo melanjutkan dengan argumen bahwa pemerintahan Trump membuat keputusan yang tepat untuk menarik diri dari perjanjian dan memberikan empat tahun waktu tambahan. Dengan demikian Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei akan menyerah dan menandatangani perjanjian baru yang akan melarang Iran mengkayakan uranium yang mengancam Israel juga Amerika Serikat.

Sementara Pemerintahan Biden berpendapat bahwa sanksi Trump tidak memiliki efek yang diinginkan dan mendorong Iran untuk meningkatkan pengayaan uranium dan kegiatan memfitnah di wilayah tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA