Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kunjungi Dubai, Presiden Korsel Perkuat Diplomasi Ekonomi Timur Tengah

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 16 Januari 2022, 18:49 WIB
Kunjungi Dubai, Presiden Korsel Perkuat Diplomasi Ekonomi Timur Tengah
Presiden Korea Selatan Moon Jae In/Net
Korea Selatan berusaha untuk mengeksplorasi peluang bisnis dengan negara-negara Timur Tengah di bidang hidrogen, ruang angkasa dan sejumlah sektor. Oleh karena itu, negeri ginseng pun berupaya untuk memperkuat diplomasi ekonomi dengan Timur Tengah.

Salah satu caranya adalah seperti apa yang dilakukan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae In. Ia melakukan kunjungan resmi ke Uni Emirat Arab pada akhir pekan ini.

Dalam kunjungannya ini, Moon dijadwalkan untuk hadir dalam forum bisnis bilateral tentang kerjasama dalam industri hidrogen, di mana ia berencana untuk meminta UEA untuk membantu perusahaan Korea membuat terobosan ke dalam industri hidrogen UEA.

Selain itu, ia juga dijadwalkan untuk hadir ke upacara "Hari Korea" di Expo 2020 Dubai dan bertemu dengan Perdana Menteri UEA Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Selama pembicaraan, Moon dan UEA berencana untuk membahas cara-cara untuk memperluas kerja sama di bidang infrastruktur, upaya untuk mengatasi perubahan iklim dan ruang angkasa. Kedua pemimpin juga akan membahas tawaran Korea untuk menjadi tuan rumah Expo 2030.

Dikabarkan Yonhap pada Minggu (16/1), kunjungan Moon ke Dubai ini akan meningkatkan kampanye Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah Expo Busan pada tahun 2030.

Selain itu, pada besok hari (Senin, 17/1), Moon dijadwalkan untuk menyampaikan pidato utama tentang netralitas karbon di Pekan Keberlanjutan Abu Dhabi. PAda hari yang sama Moon juga akn mengadakan pertemuan puncak dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al-Nahyan tentang cara-cara untuk memperdalam kerja sama bilateral mengenai perubahan iklim, keamanan dan pertahanan nasional dan kesehatan masyarakat.

Pada Oktober tahun lalu, Korea Selatan dan UEA mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan pembicaraan resmi menuju perjanjian perdagangan bebas bilateral. UEA adalah pasar ekspor utama Korea di Timur Tengah dan mitra terbesarnya dalam pertukaran sumber daya manusia di kawasan itu.

Korea Selatan juga sebelumnya mengatakan pihaknya mendorong untuk menjual rudal permukaan-ke-udara jarak menengah yang dikenal sebagai M-SAM ke UEA.

Kunjungan kali ini merupakan bagian dari tur Moon ke Timur Tengah. UEA adalah negara pertama dari perjalanan ke tiga negara Timur Tengah, yakni Arab Saudi, serta Mesir.

ARTIKEL LAINNYA