Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arab Saudi dan Iran Siap Buka Kedubes Lagi di Riyadh dan Teheran?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 16 Januari 2022, 18:58 WIB
Arab Saudi dan Iran Siap Buka Kedubes Lagi di Riyadh dan Teheran?
Ilustrasi bendera Arab Saudi dan Iran/Net
rmol news logo Iran dan Arab Saudi sedang bersiap untuk membuka kembali kedutaan mereka masing-masing di Teheran dan Riyadh. Kedua negara juga akan membangun kembali hubungan diplomatik penuh.

Begitu kata anggota Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran Jalil Rahimi Jahanabadi pada Sabtu (15/1).

Ia menuliskan bahwa hubungan antara dua kekuatan regional utama sedang dihidupkan kembali dan kedutaan bersiap untuk dibuka.

“Ini memiliki implikasi penting dalam mengurangi ketegangan regional dan meningkatkan kohesi dunia Muslim,” jelasnya, seperti dikabarkan Russia Today.

Melalui cuitan yang sama, ia juga menyerukan media dan badan-badan keamanan di seluruh dunia untuk berhati-hati terhadap kebejatan Zionis dan kebodohan para ekstremis.


Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada 2016, setelah serangan terhadap misi negara itu di Iran, yang dipicu oleh eksekusi ulama Syiah Arab Saudi terkemuka, Nimr Baqir al-Nimr.

Ketegangan antara Iran Syiah dan Arab Saudi Sunni semakin memburuk selama perang di Yaman, di mana Riyadh campur tangan di pihak pasukan Presiden Abdrabbuh Mansur Hadi.

Terlepas dari ketegangan saat ini, Riyadh dan Teheran meluncurkan pembicaraan langsung tahun lalu, meskipun tidak menghasilkan hasil yang nyata.

Meski begitu, Kementerian Luar Negeri Iran mengumumkan pada 10 Januari bahwa putaran baru pembicaraan akan berlangsung di Irak akhir tahun ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA