Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Takut Agresi Rusia, Kanada Keluarkan Travel Warning Agar Warganya Tak Kunjungi Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 17 Januari 2022, 07:44 WIB
Takut Agresi Rusia, Kanada Keluarkan Travel Warning Agar Warganya Tak Kunjungi Ukraina
Ilustrasi/Net
Pemerintah Kanada mengeluarkan travel warning untuk warganya agar tidak bepergian ke Ukraina di tengah konflik dengan Rusia.

Peringatan tersebut dikeluarkan pada Sabtu (15/1). Dijelaskan, penumpukan militer Rusia di dekat perbatasannya dengan Ukraina telah meningkatkan risiko.

"Kami telah mengubah tingkat risiko Ukraina untuk menghindari perjalanan yang tidak penting karena agresi Rusia yang sedang berlangsung dan penumpukan militer di dalam dan sekitar negara itu," kata pernyataan yang dikutip Reuters itu.

Meski begitu, Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly dijadwalkan untuk mengunjungi ibukota Ukraina, Kyiv, pada pekan depan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Denys Shmygal.

Joly akan menegaskan dukungan Kanada untuk Ukraina di tengah tindakan agresif oleh Rusia.

Ia juga akan mengunjungi misi Kanada yang berisi 200 tentara yang sudah ditempatkan di Ukraina sejak 2015.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri mengatakan Wakil Menteri Luar Negeri Kanada Marta Morgan dan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman berjanji selama pertemuan pada pekan lalu untuk melanjutkan koordinasi yang erat dalam upaya mereka demi meredakan situasi.

Kanada memiliki populasi migran Ukraina yang cukup besar. Kanada mengambil garis keras terhadap Rusia sejak pencaplokan Krimea pada tahun 2014, serta memberlakukan tindakan hukuman terhadap 440 individu dan entitas yang terlibat dalam operasi tersebut.

ARTIKEL LAINNYA