Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sampaikan Belasungkawa, China Siap Kirim Bantuan untuk Korban Tsunami Tonga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 17 Januari 2022, 09:29 WIB
Sampaikan Belasungkawa, China Siap Kirim Bantuan untuk Korban Tsunami Tonga
Tsunami di Tonga/Net
rmol news logo Dampak letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai dan tsunami di Tonga pada Jumat dan Sabtu masih belum bisa teridentifikasi sepenuhnya menyusul terputusnya komunikasi di negara tersebut hingga Minggu (16/1) waktu setempat.

Gunung berapi yang berada di bawah laut di Pasifik Selatan itu meletus hebat pada Sabtu (15/1), memicu gelombang tsunami yang menerjang wilayah Tonga. Tsunami tersebut menyapu pesisir dan menerjang hingga ke ibu kota Tonga Nuku’alofa.

Pemerintah China yang mengatakan bahwa negaranya siap memberikan segala bentuk dukungan dan bantuan ke negara yang terletak di barat daya Samudra Pasifik itu.

"China menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan simpati yang tulus kepada pemerintah dan rakyat Tonga, dan siap memberikan setiap dukungan dan bantuan yang mungkin atas permintaan Tonga," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin, seperti dikutip dari CGTN, Senin (17/1).

Wang mengatakan China mengamati dengan cermat situasi di Tonga, negara kerajaan yang berbentuk negara kepulauan dan terdiri dari 177 pulau.

"Kedubes China di Tonga segera mengaktifkan mekanisme tanggap darurat dan mengetahui situasi warga China pascabencana melalui berbagai jalur. Sejauh ini tidak ada laporan korban warga China," kata Wang.

Beberapa negara lain juga mengatakan akan memberikan bantuan kepada Tonga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA