Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Resmi Dideportasi, Novak Djokovic Sudah Tinggalkan Australia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 17 Januari 2022, 10:36 WIB
Resmi Dideportasi, Novak Djokovic Sudah Tinggalkan Australia
Novak Djokovic/Net
Pemerintah Australia secara resmi telah mendeportasi bintang tenis dunia Novak Djokovic.

Djokovic diterbangkan keluar dari Australia pada Minggu malam (16/1), beberapa jam menjelang dimulainya Australian Open pada Senin (17/1).

Keputusan untuk mendeportasi Djokovic dilakukan setelah atlet asal Serbia itu kalah di Pengadilan Federal atas gugatan terhadap pembatalan visa yang dilakukan pemerintah Australia.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Imigrasi Australia Alex Hawke mengonfirmasi kepergian dari Djokovic dari negeri kanguru.

"Saya menyambut keputusan bulat hari ini oleh Pengadilan Federal Australia, menegakkan keputusan saya untuk menggunakan kekuasaan saya di bawah UU Migrasi untuk membatalkan visa Bapak Novak Djokovic demi kepentingan umum," ujarnya.

Di pengadilan, pengacara pemerintah mengatakan keputusan untuk membatalkan visa Djokovic sebagai bentuk penegakkan aturan pembatasan Covid-19, di mana Australia mewajibkan seluruh pelancong untuk divaksinasi terlebih dulu.

Jika Djokovic dibiarkan untuk tetap berada di Australia, dikhawatirkan pelanggaran tersebut akan diikuti oleh orang-orang.

Selain itu, Djokovic juga tercatat memiliki sejarah melanggar aturan protokol kesehatan, termasuk melakukan wawancara meski sudah dinyatakan positif Covid-19.

Kendati begitu, pemerintah Australia akan tetap membuka pintu bagi Djokovic untuk bermain di Australian Open pada tahun depan.

Sementara itu, Djokovic menyampaikan kekecewaannya atas keputusan pengadilan. Namun ia menghormati keputusan tersebut.

ARTIKEL LAINNYA