Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Kerusuhan Mematikan di Kazakhstan, Kerabat Mantan Presiden Nursultan Nazarbayev Didepak dari Pemerintahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 17 Januari 2022, 18:25 WIB
Usai Kerusuhan Mematikan di Kazakhstan, Kerabat Mantan Presiden Nursultan Nazarbayev Didepak dari Pemerintahan
Presiden Pertama Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev/Net
rmol news logo Kerusuhan mematikan yang terjadi di Kazakhstan pada awal tahun ini ditengarai sebagai ulah dari mantan Presiden Nursultan Nazarbayev.

Keluarga Nazarbayev dikenal sangat berpengaruh di negara Asia Tengah tersebut. Bahkan beberapa anggota keluarga menempati posisi tinggi di pemerintahan.

Nazerbayev sendiri memerintah selama lebih dari seperempat abad, sebelum mengundurkan diri pada 2019 dan menyerahkan kekuasaannya pada Kassym-Jomart Tokayev yang saat ini masih menjabat sebagai presiden.

Meski belum terlihat di depan umum sejak akhir tahun lalu, tetapi nama Nazarbayev, yang merupakan presiden pertama Kazakhstan, terus digemakan selama aksi protes yang dilakukan warga. Banyak demonstran menuding klan Nazarbayev melakukan korupsi.

Tokayev juga menuding keluarga Nazabayev gagal berbagi kekayaan, dan menguasainya alih-alih berbagi dengan rakyat.

Setelah kerusuhan yang menelan 225 korban jiwa, termasuk 19 aparat keamanan, satu per satu klan Nazarbayev berguguran di posisi pemerintahan, kehilangan kekuasaannya.

Menantu Nazarbayev, Timur Kulibayev telah mengundurkan diri sebagai kepala lobi bisnis di Kamar Pengusaha Nasional Atameken.

"Mulai hari ini, saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Ketua Presidium terpilih Kamar Pengusaha Nasional 'Atameken'," kata Kulibayev, yang menikah dengan putri tengah dari Nazarbayev, Dinara Kulibayeva.

Kulibayev dikenal di kalangan pebisnis dunia. Ia bahkan dekat dengan putra kedua Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew.

Kulivav dan Kulivayeva mengendalikan bank komersial terbesar di Kazakhstan, yaitu Halyk. Keluarga mereka juga pemain kuat dalam industri minyak dan gas.

Pada Senin (17/1), keponakan laki-laki Nazarbayev, Samat Abish, telah diberhentikan dari jabatannya sebagai wakil kepala pertama komite keamanan nasional.

Pada awalnya, Abish menyebut hanya akan mengambil cuti tahunan, tetapi pemecatannya diumumkan belakangan.

Dua menantu Nazarbayev lainnya juga meninggalkan jabatan mereka di pucuk pimpinan perusahaan energi nasional pada Sabtu (15/1).

Suami putri bungsu Aliya Nazarbayeva, Dimash Dosanov, meninggalkan jabatannya di KazTransOil. Sedangkan putri tertua dari Dariga Nazarbayeva, Kairat Sharipbayev berhenti dari perusahaan gas nasional QazaqGaz.

Pekan lalu, sekutu Nazarbayev dan mantan kepala keamanan nasional Karim Masimov ditangkap atas tuduhan merencanakan kudeta bersama dengan dua wakilnya.

Kerusuhan di Kazakhstan terjadi selama beberapa hari, membuat pemerintah mendeklarasikan keadaan darurat dan meminta bantuan dari CSTO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA