Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diserangan Drone, Tiga Truk Tanker Meledak di Abu Dhabi, Houthi Dalangnya?

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 17 Januari 2022, 19:34 WIB
Diserangan Drone, Tiga Truk Tanker Meledak di Abu Dhabi, Houthi Dalangnya?
Gumpalan asap hitam tampak dari lokasi ledakan tanki minyak di Abu Dhabi/Net
Sedikitnya tiga orang meninggal dunia dan enam lainnya luka-luka ketika tiga truk tanker minyak meledak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada awal pekan ini (Senin, 17/1). Menurut keterangan otoritas setempat, kuat dugaan ledakan itu terjadi karena ada serangan pesawat tak berawak alias drone.

Merujuk pada keterangan kepolisian Abu Dhabi, tiga truk tangki bahan bakar meledak di kawasan industri Musaffah, dekat fasilitas penyimpanan perusahaan minyak ADNOC.

Polisi mengidentifikasi korban tewas terdiri dari dua warga negara India dan satu warga Pakistan.

"Penyelidikan awal menunjukkan deteksi benda terbang kecil, mungkin milik drone, yang jatuh di dua daerah dan mungkin menyebabkan ledakan dan kebakaran," kata polisi setempat dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita negara WAM.

Meski begitu, tidak ada kerusakan signifikan yang terjadi akibat serangan itu. Selain itu, penyelidikan penuh pun segera dilakukan untuk mengetahui penyebab ledakan dan pelaku di balik aksi tersebut.

Belum ada pihak terkait yang mengkonfirmasi dalang di balik serangan itu. Namun kelompok Houthi menjadi sorotan media.

Pasalnya, seperti dimuat Al Jazeera, sebelumnya juru bicara militer Houthi, yang memerangi koalisi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi dan termasuk UEA, mengatakan kelompok itu telah meluncurkan operasi militer "jauh di UEA". Tidak ada detil lebih lanjut mengenai hal tersebut.

ARTIKEL LAINNYA