Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Iran Siap Buka Kembali Kantor Perwakilan OKI di Arab Saudi

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 17 Januari 2022, 19:55 WIB
Iran Siap Buka Kembali Kantor Perwakilan OKI di Arab Saudi
Iran dan Arab Saudi mengalami keretakan hubungan diplomatik sejak 2016/Net
Angin segar tampaknya berhembus pada hubungan diplomatik Iran dan Arab Saudi. Pada Senin (17/1), Iran mengumumkan akan segera membuka kembali kantor perwakilan Iran untuk Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang berbasis di Jeddah, Arab Saudi.

Tiga diplomat Iran telah tiba di Jeddah untuk membuka kembali kantor perwakilan tersebut.

Merujuk pada kabar yang dimuat Al Jazeera, tiga diplomat Iran tersebut tidak disebutkan namanya. Namun mereka telah tiba di Jeddah untuk memulai kembali kantor yang telah tutup selama enam tahun terakhir akibat keretakan diplomatik Iran dan Arab Saudi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengkonfirmasi bahwa ketiga diplomatnya itu telah menerima visa dari Arab Saudi dan terlibat dalam upaya untuk membuka kembali kantor perwakilan untuk OKI.

“Republik Islam Iran juga siap untuk membuka kembali kedutaannya di Arab Saudi,” jelasnya katanya dalam konferensi pers di Teheran.

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa hal ini akan bergantung pada upaya praktis dari pihak kerajaan Arab Saudi.

Langkah terbaru ini membawa kemajuan dalam hubungan diplomatik Iran dan Arab Saudi. Pasalnya, kedua negara memutuskan hubungan diplomatik pada 2016 setelah kerumunan orang menyerang kedutaan Arab Saudi di Teheran dan kantor konsulat di Mashhad sebagai tanggapan atas eksekusi seorang pemimpin agama Syiah terkemuka oleh Arab Saudi.

ARTIKEL LAINNYA