Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Puerto Rico, Surga Baru Pengusaha Kripto

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 17 Januari 2022, 21:59 WIB
Puerto Rico, Surga Baru Pengusaha Kripto
Mata uang kripto menjadi tren yang digemari sejumlah pihak sejak beberapa tahun terakhir/Net
Mata uang kripto atau cryptocurrency menjadi suatu hal yang semakin banyak digemari oleh sejumlah kalangan sejak beberapa tahun terakhir.

Bagi mereka yang gemar "memainkan" kripto, ada sebuah wilayah yang kerap menjadi destinasi favorit, yakni Pueto Rico.

Wilayah Amerika Serikat ini menjadi tujuan baru bagi pengusaha cryptocurrency karena memiliki kebijakan ramah-kripto, termasuk potongan pajak yang besar bagi mereka yang menghabiskan setidaknya 183 hari di pulau itu setiap tahun.

Bukan hanya itu, bagi mereka yang merupakan warga negara Amerika Serikat bahkan dapat mempertahankan paspor mereka mereka tanpa harus membayar pajak atas keuntungan modal.

“Di situlah semua teman saya berada. Saya tidak punya satu teman pun yang tersisa di New York, dan mungkin pandemi mempercepat ini, tetapi masing-masing dari mereka telah pindah ke Puerto Rico," pengusaha kripto dan investor David Johnston kepada CNBC baru-baru ini.

Ia memindahkan keluarga dan perusahaannya ke pulau itu tahun lalu. Menurut Johnston, seluruh gedung kantornya dipenuhi oleh perusahaan rintisan alias start up dan kripto.

Salah satu alasan utamanya adalah karena di Amerika Serikat, investor harus membayar sebanyak 37 persen untuk keuntungan modal jangka pendek dan hingga 20 persen untuk keuntungan jangka panjang. Aturan ini juga berlaku untuk kripto dan aset lain yang disimpan selama lebih dari setahun.

Sementara di Puerto Rico, ada aturan keringanan pajak bahkan hingga nol jika kualifikasi tertentu terpenuhi.

Meski begitu, Russia Today pada Senin (17/1) menyoroti bahwa tidak semua orang senang dengan masuknya penduduk baru ke pulau itu. Penduduk setempat terganggu oleh kenyataan bahwa mereka tidak memenuhi syarat untuk pembebasan pajak.

Mereka juga mempertanyakan gagasan pemerintah tentang keringanan pajak yang membantu menciptakan lapangan kerja, dan menarik lebih banyak uang ke dalam ekonomi lokal.

Selain itu, membanjirnya kekayaan kripto ke Puerto Rico juga telah membuat harga perumahan naik di wilayah itu.

ARTIKEL LAINNYA