Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Pulihkan Tonga, Palang Merah China Bakal Kirim Uang Tunai 100.000 Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Januari 2022, 06:33 WIB
Bantu Pulihkan Tonga, Palang Merah China Bakal Kirim Uang Tunai 100.000  Dolar AS
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebagai bentuk solidaritas atas bencana tsunami dan letusan gunung berapi bawah laut di Tonga, Palang Merah China akan mengirimkan sumbangan berupa uang tunai senilai 100.000 dolar AS (sekitar 1,4 miliar rupiah).

Informasi tersebut disampaikan Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian selama konferensi pers rutin pada Senin (17/1), sambil mengirimkan simpati yang mendalam dan belasungkawa yang tulus kepada Tonga.

“China akan menawarkan bantuan berdasarkan kebutuhan dan situasi bencana. China percaya bahwa pemerintah Tonga dan rakyatnya dapat segera mengatasi bencana dan membangun kembali rumah mereka yang indah,” kata Zhao, seperti dikutip dari Global Times.

Pernyataan Zhao datang setelah ketua majelis legislatif Tonga Lord Fakafanua meminta bantuan segera berupa air minum dan makanan segar bagi rakyatnya.

Reuters pada Senin melaporkan bahwa abu dari ledakan itu juga menimbulkan masalah kesehatan utama, mencemari air minum.

Yang Honglian, pakar senior yang berbasis di Fiji buka suara tentang masalah kebutuhan tersebut.

“Air minum Tonga terutama bergantung pada pengumpulan curah hujan. Ketika polutan yang menyertai letusan seperti belerang dioksida memasuki udara, air hujan tidak dapat diminum,” kata Yang, sambil mencatat bahwa pada tahap berikutnya, sumbangan air minum dan makanan akan sangat penting bagi masyarakat Tonga.

Gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, yang terletak sekitar 64 kilometer utara ibu kota Tonga, Nuku'alofa, meletus dengan hebat pada Sabtu (15/1), memicu peringatan tsunami di Pasifik Selatan dan pantai barat AS, dan menyebabkan gelombang dan arus yang kuat di banyak wilayah pantai. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA