Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Di Samping Klaim Laut China Selatan, China Ingin Jaga Persahabatan dengan Filipina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 18 Januari 2022, 09:20 WIB
Di Samping Klaim Laut China Selatan, China Ingin Jaga Persahabatan dengan Filipina
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
Di tengah pertikaian terkait klaim di Laut China Selatan, Beijing berkomitmen untuk terus menjaga persahabatan dengan Filipina.

Berpidato di Manila Forum pada Senin (17/1), Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan China dan Filipina harus menjaga persahabatan mereka, menghilangkan gangguan, memperdalam kerjasama, dan bersama-sama membuka masa depan yang lebih baik untuk hubungan bilateral.

Wang mengatakan, keputusan strategis Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk meningkatkan hubungan dengan China sejalan dengan kepentingan fundamental rakyat Filipina sejalan dengan kepentingan bersama dan tren pembangunan regional yang damai.

Dalam permasalahan Laut China Selatan, Wang mengatakan Beijing siap mempromosikan pembangunan bersama tanpa memengaruhi hak dan klaim masing-masing.

China juga bersedia mengubah tantangan menjadi peluang, membangu perkembangan Filipina, dan mempererat persahabatan kedua bangsa.

Wang meminta kedua negara untuk mempertahankan kerangka kerja sama regional yang berpusat pada ASEAN dan memperdalam kemitraan strategis komprehensif China-ASEAN.

Dengan sudah berlangsungnya persahabatan dua negara selama lebih dari 1.000 tahun, Wang mengatakan China bersedia untuk terus menjamin kebutuhan vaksin Covid-19 untuk Filipina. China juga akan bekerja sama pada obat-obatan tertentu dan peningkatan kapasitas kesehatan masyarakat sampai virus itu dikalahkan.

China bersedia untuk terus membuka pintu bagi lebih banyak produk pertanian Filipina dan meningkatkan investasi untuk membantu Filipina mempercepat proses industrialisasi dan modernisasi serta meningkatkan kemampuan pembangunan independennya.

ARTIKEL LAINNYA