Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China: Intervensi Asing Membuat Timur Tengah Menderita

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Januari 2022, 10:47 WIB
China: Intervensi Asing Membuat Timur Tengah Menderita
Peta wilayah Timur Tengah/Net
rmol news logo Banyaknya penderitaan di kawasan Timur Tengah bukan akibat dari kekosongan kepemimpinan, melainkan hadirnya intervensi asing di kawasan. Pandangan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dalam sebuah wawancara bersama media China baru-baru ini.

"Meskipun tidak ada kekosongan kekuasaan di Timur Tengah, kawasan itu menderita konflik karena intervensi asing," kata Wang, seperti dikutip dari Global Times, Senin (17/1).

Pernyataan Wang disampaikan setelah dirinya menjamu diplomat top dari Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman, Turki, dan Iran serta sekretaris jenderal Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di kota Wuxi di provinsi Jiangsu, China Timur.

“Timur Tengah memiliki sejarah panjang, budaya yang unik, dan sumber daya alam yang berlimpah, tetapi pada saat yang sama, kawasan ini menderita kerusuhan dan konflik yang sudah lama ada karena intervensi asing,” kata Wang.

“China selalu mendukung Timur Tengah untuk mewujudkan stabilitas dan mempercepat perkembangannya. Kami percaya orang-orang Timur Tengah adalah penguasa Timur Tengah. Tidak pernah ada 'kekosongan kekuasaan', dan tidak ada kebutuhan 'patriarki dari luar,'” tegasnya.

Menlu China juga mengatakan bahwa fakta sudah berulang kali membuktikan bahwa komunitas internasional dapat berkontribusi pada stabilitas di Timur Tengah tetapi seharusnya tidak menimbulkan masalah."

“Timur Tengah membutuhkan pembangunan, dan negara-negara kawasan dapat belajar dari model eksternal tetapi tidak boleh meniru model tersebut secara langsung. Neo-liberalisme bukanlah obat mujarab,” kata Wang kepada wartawan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA