Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenya-Hongaria Sepakati Empat Perjanjian Bilateral Termasuk Air dan Pendidikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Januari 2022, 12:56 WIB
Kenya-Hongaria Sepakati Empat Perjanjian Bilateral Termasuk Air dan Pendidikan
Presiden Kenya Uhuru Kenyatta/Net
rmol news logo Sejumlah perjanjian bilateral ditandatangani Kenya dan Hongaria pada Senin (17/1) waktu setempat.

Kesepakatan yang ditandatangani Presiden Kenya Uhuru Kenyatta dan mitranya dari Hongaria, Janos der, termasuk kesepakatan di sektor kesehatan, air, pendidikan dan diplomasi.

Kesepakatan di bidang kesehatan mencakup peningkatan kapasitas sumber daya manusia, berbagi informasi dan pencegahan penyakit termasuk Covid-19.
"Pakta pendidikan akan menggandakan jumlah warga Kenya yang menerima beasiswa pemerintah Hungaria dari saat ini 100 menjadi 200 per tahun sementara kesepakatan tentang air mencakup pengelolaan air limbah di antara aspek-aspek terkait lainnya," menurut kantor kepresidenan Kenya, seperti dikutip dari AFP, Selasa (18/1).

Kedua negara juga menandatangani nota kesepahaman tentang pelatihan diplomatik dan pertukaran informasi yang akan melihat kedua negara berkolaborasi dalam pelatihan diplomat.

Presiden Hongaria tiba di Kenya pada Minggu (16/1) untuk kunjungan kenegaraan selama empat hari, yang bertujuan untuk lebih memperkuat hubungan antara kedua belah pihak.

"Kami berterima kasih kepada Anda dan pemerintahan Anda atas sikap baik yang tidak hanya akan membantu memperkuat kolaborasi antar-warga kami, tetapi juga meningkatkan kerja sama kedua negara kami dalam kemitraan Kenya-Uni Eropa yang lebih luas," kata Presiden Kenya Kenyatta.

Di pihaknya, pemimpin Hongaria menyatakan komitmen negaranya untuk terus mendukung agenda pembangunan Kenya dan berterima kasih kepada Presiden Kenyatta atas sambutan yang hangat.

Sebelum kedatangannya di Kenya, Presiden der mengunjungi Ghana, di mana ia juga mengadakan pembicaraan bilateral dengan Presiden Ghana Nana Akufo-Addo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA