Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dilawat Lim Jock Hoi, Hun Sen Minta ASEAN Segera Kirim Bantuan ke Myanmar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 18 Januari 2022, 17:30 WIB
Dilawat Lim Jock Hoi, Hun Sen Minta ASEAN Segera Kirim Bantuan ke Myanmar
Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen/Net
rmol news logo Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mendesak ASEAN untuk segera memberikan bantuan kemanusiaan kepada Myanmar.

Hal itu disampaikan oleh Hun Sen ketika bertemu dengan Sekretariat Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi di Istana Phnom Penh pada Senin (17/1). Selema lima hari, dari 15 hingga 19 Januari, Lim Jock Hoi melakukan kunjungan ke Kamboja yang tengah menjabat sebagai Ketua ASEAN 2022.

"Sehubungan dengan situasi di Myanmar, (Lim) menyatakan dukungan untuk inisiatif Kamboja, terutama niatnya yang sejalan dengan konsensus lima poin ASEAN," kata Hun Sen lewat unggahannya di Facebook, Senin (17/1).

Dalam kesempatan tersebut, Hun Sen juga menyatakan rencana Kamboja untuk mengadakan dialog global ASEAN pada tahun ini, setelah yang dilakukan Kamboja pada 2012 ketika memegang kursi Ketua ASEN.

Hun Sen sendiri meminta Lim untuk membantu penyelenggaraan dialog terkait topik pemulihan setelah pandemi Covid-19, dengan mengundang tokoh-tokoh kunci.

Selain isu Myanmar, Hun Sen dan Lim juga membahas berbagai isu lain yang menjadi perhatian bagi ASEAN, termasuk penanganan Covid-19, Declaration of Conduct (DOC) di Laut China Selatan, ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, serta kemungkinan Timor Leste menjadi anggota ASEAN ke-11. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA