Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Roberta Metsola Terpilih sebagai Presiden Parlemen UE Termuda

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 19 Januari 2022, 07:16 WIB
Roberta Metsola Terpilih sebagai Presiden Parlemen UE Termuda
Roberta Metsola/Net
Parlemen Uni Eropa kini punya presiden baru, Roberta Metsola. Penunjukkannya sebagai presiden pada Selasa (18/1) itu juga sekaligus menjadikannya pemimpin termuda dam wanita pertama dalam 20 tahun.

Kemenangan politisi Malta berusia 43 tahun itu diumumkan akun Twitter resmi Uni Eropa.

“Roberta Metsola memilih Presiden baru Parlemen Eropa dengan 458 suara,” cuit akun tersebut, seperti dikutip dari AFP, Rabu (19/1).

Atas kemenangannya, Metsola mengaku terhormat dan siap untuk mengabdi pada lembaga tersebut, meneruskan kepemimpinan mendiang Presiden Uni Eropa David Maria Sassoli yang meninggal pada 11 Januari lalu.

"Saya merasa terhormat telah dipilih oleh rekan-rekan saya sebagai presiden Parlemen Eropa," kata Metsola kepada wartawan pada konferensi pers.

"Saya tahu bahwa saya memiliki sepatu besar untuk diisi, dan saya akan memberikan penghormatan kepada David (Sassoli) dan semua orang sebelumnya, yang selalu berdiri untuk rumah ini dan untuk Eropa," katanya.

Metsola juga berjanji untuk menentang siapa pun yang ingin menghancurkan proyek Eropa.

Dilatih sebagai pengacara yang berspesialisasi dalam hukum dan politik Eropa, Metsola telah bekerja sebagai anggota parlemen Uni Eropa sejak 2013.

Semua jabatan terpilih di Parlemen Eropa, termasuk presiden dan wakil presiden, diperbarui setiap dua setengah tahun – pada awal masa jabatan lima tahun dan pertengahan masa jabatan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA