Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rayakan 72 Tahun Hubungan Diplomatik, Xi Jinping Puji Kerja Sama China-Vietnam di Bawah Pimpinan Presiden Nguyen Xuan Phuc

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 19 Januari 2022, 07:29 WIB
Rayakan 72 Tahun Hubungan Diplomatik, Xi Jinping Puji Kerja Sama China-Vietnam di Bawah Pimpinan Presiden Nguyen Xuan Phuc
Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc/Net
Dua negara komunis Asia, China dan Vietnam, merayakan hari jadi hubungan diplomatik ke-72 pada Selasa (18/1) waktu setempat.

Dalam pesan ucapan selamatnya, Presiden China Xi Jinping memuji perkembangan hubungan kedua negara kepada Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong dan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

"China dan Vietnam telah sering melakukan pertukaran di tingkat yang berbeda dan bekerja sama dengan lancar dalam memerangi pandemi Covid-19 dan dalam pemulihan dan pembangunan ekonomi, membawa manfaat nyata bagi kedua bangsa,"kata Xi, seperti dikutip dari CGTN, Rabu (19/1).

Xi juga memuji kedua negara sebagai komunitas dengan masa depan bersama yang memiliki signifikansi strategis.

"Menghadapi dampak rumit dan gabungan dari perubahan global dan pandemi yang keduanya tak terlihat dalam satu abad, China dan Vietnam harus berkomitmen pada jalan sosialis yang sesuai dengan realitas nasional mereka sendiri, dan tetap berpegang pada arah kerja sama yang bersahabat," kata Xi.

Selain Xi, sejumlah tokoh termasuk Perdana Menteri China Li Keqiang juga mengirim pesan ucapan selamat kepada Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

Di hari yang sama, Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional Li Zhanshu dan Penasihat Negara China merangkap Menteri Luar Negeri Wang Yi juga mengirim pesan ucapan selamat kepada rekan-rekan Vietnam mereka.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA