Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diplomat Senior Rusia: Ukraina Belum Penuhi Janji yang Diikrarkan dalam Format Normandia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 19 Januari 2022, 07:54 WIB
Diplomat Senior Rusia: Ukraina Belum Penuhi Janji yang Diikrarkan dalam Format Normandia
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov /Net
Sikap Ukraina yang sampai saat ini belum melakukan apa pun untuk memenuhi janji melaksanakan keputusan pembicaraan Format Normandia, membuat Moskow mulai kehilangan kesabaran.  

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada konferensi pers Selasa (18/1) mengungkapkan bahwa Moskow berharap Berlin dan Paris berusaha menekan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk segera memenuhi janji tersebut. Hingga saat ini belum terlihat Ukraina melakukan apa pun untuk melaksanakan keputusan pembicaraan Format Normandia antara Jerman, Rusia, Ukraina, dan Prancis yang berlangsung di Paris pada 2019.

Sementara Moskow telah berbuat banyak dan terbuka pada perjanjian tersebut, Kiev malah nampak tidak peduli.

"Pendekatan kami benar-benar terbukti. Kami berharap, berulang kali, pendekatan ini didengar di Berlin dan Paris," kata Lavrov saat berbicara dengan Menteri Luar Negeri Jerman Analena Baerbock, Selasa . Menambahkan bahwa pihak Kiev tidak merespon apa pun.

"Hanya ada harapan bahwa Berlin dan Paris akan mengingatkan Tuan Zelensky untuk memenuhi apa yang dijanjikannya berkali-kali," tegas Lavrov, seperti dikutip dari Sputnik.

Lavrov menekankan Rusia akan siap membantu menciptakan kondisi untuk mengimplementasikan kesepakatan Minsk.

Normandia Empat yang diikrarkan pada pertemuan puncak di Paris pada 2019, menegaskan bahwa negara-negara dalam format tersebut sepakat untuk mengambil langkah-langkah perdamaian dan stabilitas, serta apa saja yang perlu dilakukan pemerintah Kiev terkait dengan perang Donbas.

"Belum ada yang dilakukan (pihak Kiev) sejauh ini," kata Lavrov.

Rusia perlu memahami sebelum pembicaraan lebih lanjut apa yang akan dibawa kedua pihak ke meja jika pembicaraan dilanjutkan dalam beberapa format. Penasihat kebijakan luar negeri di negara-negara Format Normandia sekarang melakukan upaya untuk itu.

Kantor Zelensky mengatakan pekan lalu bahwa Kiev siap untuk keputusan yang akan dianggap perlu pada pembicaraan Format Normandia berikutnya. Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan dalam komentar tentang pernyataan itu bahwa menerapkan keputusan yang ada harus menjadi prioritas.

Normandia empat atau Format Normandia melibatkan perwakilan dari empat negara, Jerman, Rusia, Ukraina, dan Prancis, yang bertujuan untuk menyelesaikan perang di Donbas.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA