Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sampaikan Belasungkawa pada Raja Tupou VI, Xi Jinping Janji Bangun Kembali Tonga

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 20 Januari 2022, 10:28 WIB
Sampaikan Belasungkawa pada Raja Tupou VI, Xi Jinping Janji Bangun Kembali Tonga
Raja Tonga, Tupou VI/Net
Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di Tonga yang disusul tsunami diakui Presiden China Xi Jinping sebagai peristiwa yang sangat mengejutkan baginya.

Keterkejutan itu diungkapkan Xi saat mengirim pesan belasungkawa kepada Raja Tonga Tupou VI pada Rabu (19/1) waktu Beijing.

"China dan Tonga adalah mitra strategis komprehensif yang saling mendukung dan membantu," kata Xi, seperti dikutip dari CGTN.

"China bersedia memberikan dukungan dalam kapasitasnya kepada Tonga untuk membantu rakyatnya mengalahkan bencana dan membangun kembali tanah air mereka," tambahnya.

Di hari yang sama, ucapan duka juga disampaikan Perdana Menteri China Li Keqiang kepada Perdana Menteri Tonga Siaosi Sovaleni.

Sebelumnya pada Selasa (18/1), juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa negaranya akan mengirimkan sejumlah bahan bantuan bencana ke Tonga atas permintaan negara pulau Pasifik Selatan.

"Sejumlah pasokan penting, termasuk air minum dan makanan, akan tiba di Tonga sesegera mungkin, sambil menunggu kondisi operasi bandara negara itu," kata Zhao.

Pemerintah Tonga telah mengkonfirmasi tiga kematian sehubungan dengan letusan gunung berapi hari Sabtu dan semua rumah di pulau Mangga dilaporkan rata dengan tanah. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA